3 Cara Melatih Otak Agar Kreatif

Cara Melatih Otak Agar Kreatif

3 Cara Melatih Otak Agar Kreatif. Kemajuan zaman saat ini tidak terlepas dari peran mereka yang kreatif dalam mencipta hal-hal yang baru dan berguna bagi kebanyakan orang lain. Untuk itu, sebagai manusia kita tidak boleh hanya berdiam diri  atau pasif dalam melihat perkembangan yang ada, kita juga dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif agar melahirkan hal-hal yang baru pula.

Menjadi kreatif, tentu saja tidak datang begitu saja, namun perlu juga untuk dilatih agar ia terus berkembang dan terasah lebih tajam.

Menurut Dr. Indrawan Nugroho pada Kanal Youtube Corporate Innovation by CIAS, ada tiga langkah praktis untuk melatih otak kreatif, yakni:

Pertama, Bawa Diri Kita pada Hal yang tidak Biasa

Cara melatih otak agar kreatif yang pertama adalah bawa diri kita pada hal yang tidak biasa.

Dr. Indrawan mengatakan, pergilah pada suatu tempat yang kita belum pernah pergi kesana atau dengan kata lain lakukanlah sesuatu yang belum pernah kita lakukan, atau bergaul dengan orang-orang yang berada di luar lingkaran pergaulan kita.

“Ketika kita melakukan hal itu, kita akan tereskpose pada hal-hal yang baru, hal-hal yang unik, yang kita tidak pernah alami dan tahu sebelumnya. Itulah bahan bakar dari kreatifitas,” ujarnya.

Baca Juga: Chairul Tanjung: Kunci Menjadi Pemenang adalah Bisa Beradaptasi

Ia mengibaratkan sebuah kompor. Dimana agar apinya menyala maka dibutuhkan bahan bakar seperti minyak. Kombinasi minyak yang paling tepat untuk membakar kreatifitas itu adalah ketika elemen-elemennya itu berbeda-beda.

“Kalau yang kita lakukan hanya itu-itu saja , maka kreatifitasnya cuma itu-itu saja. Maka kita perlu stimulan yang beraneka ragam. Dan itu hanya bisa anda dapatkan kalau anda terekspose pada hal-hal yang baru yang belum pernah anda lakukan atau anda alami sebelumnya.”

Kedua, Read and Reflect (Baca dan Refleksikan)

Point kedua cara melatih otak agar kreatif adalah read and reflect, Dr. Indrawan menakankan untuk banyak membaca, dengan topik yang beragam, tidak monoton pada satu topik dan menggunakan banyak media.

Horoskop Cina tahun 2023 arnab air ...
Horoskop Cina tahun 2023 arnab air hitam-ms

“Untungnya sekarang banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mencari, memilih, artikel-artikel atau video yang sesuai dengan minat yang berada pada banyak media yang berbeda,” ucapnya.

Namun ia menekankan untuk tidak hanya fokus dalam membaca, tetapi juga perlu adalahnya refleksi dengan mengajukan pertanyaan atas isi dari artikel-artikel yang dibaca atau video yang ditonton.

Pertanyaan-pertanyaan yang dicontohkan oleh Dr. Indrawan seperti: Bagaimana pesan yang disampaikan oleh penulis dapat digunakan dalam kehidupanku atau pekerjaanku? Bagaimana mengkombinasikan antar artikel ini sehingga melahirkan solusi yang lebih baik? Dan seterusnya.

Dengan terus berlatih melalui metode membaca dan merefleksikan ini, ia berpendapat kegiatan-kegiatan itu akan melatih otak agar lebih kreatif.

Ketiga, Ajukan pertanyaan tentang kebergunaan benda-benda di sekitar kita

Pada fase ketiga cara melatih otak agar kreatif ini adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang kebergunaan benda-benda di sekitar kita.

Dr. Indrawan mencontohkan salah satu benda yang berada di sektarnya yakni “Mug”. Dengan mug sebagai tempat untuk minum, maka ajukan pertanyaan kegunaan lainnya dari mug, seperti digunakan untuk tempat menampung pensil atau sebagai pot bunga atau apapun itu.

Baca Juga: Cara Memilih Studio Foto yang Baik

“Tidak penting apa jawaban dari pertanyaan itu, yang lebih penting adalah disiplin dalam mengajukan pertanyaan itu. Karena semakin sering kita melihat objek kemudian kita bertanya kepada diri sendiri ‘itu bisa gue apain ya?’. Itu akan melatih otak kita dan memaksa otak kreatif untuk bekerja.”

“Semakin sering otak kreatif dipaksa bekerja semakin hebat pula nanti kerjanya,” terangnya.

Kesimpulan

Itulah tiga langkah praktis cara melatih otak agar kreatif menurut Dr. Indrawan Nugroho, yakni: bawalah diri anda pada hal-hal yang tidak biasa, baca dan kemudian refleksikan apa yang anda baca untuk diterapkan dalam kehidupan anda, dan yang ketiga adalah ajukan pertanyaan terhadap benda-benda di sekeliling anda atas kebergunaan lainnya.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.