5 Cara Belajar Efektif dan Mudah Ingat ala Sandiaga Uno

5 Cara Belajar Efektif dan Mudah Ingat ala Sandiaga Uno

5 Cara Belajar Efektif dan Mudah Ingat ala Sandiaga Uno. Siapa yang tidak kenal dengan Sandiaga Uno, salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Selain sukses di bidang entrepreneur, tercatat juga dirinya sukses dalam pendidikan.

Pria yang mengimpikan dirinya untuk kuliah di UI ini, semasa kecil bercita-cita ingin menjadi Pilot. Dari kedua orang tuanya, Sandi mendapatkan paradigma tentang pentingnya pendidikan. Bahkan orang tua sandi terbilang sangat keras dalam memantau pendidikan anaknya.

Hal itu terungkap saat wawancara Sandiaga Uno bersama Putri Tanjung di kanal CXO Media.

Lalu apa saja kiat-kiat dari 5 cara belajar efektif dan mudah ingat ala Sandiaga Uno? Berikut ini beberapa langkah yang bisa menjadi inspirasi kita dalam belajar:

Belajar Sebelum Pembahasan di Kelas

Sandi mengungkapkan cara belajar efektif dan mudah ingat yang pertama adalah dengan belajar terlebih dahulu sebelum pembahasan di kelas.

“Sebelum kuliah saya sudah tau materinya, karena saya belajar dulu sebelumnya. Chapter (bab) yang mau dibahas itu aku udah baca duluan. Misalnya hari Senin membahas Bab 1 itu aku hari Minggunya udah baca Bab 1,” ujar Sandi.

Cara ini sangat efektif dan menjadikan kelas sebagai ruang diskusi untuk menambah pemahaman dan pengayaan dari apa yang telah kita pelajari.

Membuat Catatan Kecil

Selain membaca Bab yang akan menjadi pembahasan pada keesokan harinya, Sandi membuat catatan kecil dari buku yang ia baca.

“Jadi, aku udah selesaikan Bab 1 terus aku udah bikin catatan-catatan kecil,” katanya.

Menurutnya, kebiasaan dalam mencatat ini akan sangat berguna saat menghadapi ujian dan untuk mengingat-ingat kembali apa yang telah dipelajari.

Catatan-catatan itu juga akan menjadi sebuah jejak ketika kita mengulang kembali apa yang telah dipelajari, terutama saat menghadapi ujian.

Pendalaman Belajar melalui Interaksi dengan Guru dan Profesor

Pada langkah yang ketiga ini, terdapat korelasi seperti yang diungkapkan pada langkah pertama. Sebelumnya telah dibahas bahwa membaca bab pada hari sebelumnya akan menjadi modal dalam berinteraksi di ruang kelas.

“Di kelas itu aku udah ngikutin dan interaksi sama Profesor. Itu aku gunakan banget untuk pendalaman,” ucap Sandi.

Duduk di Baris Paling Depan

Untuk memudahkan interaksi dengan pengajar, sandi menyarakankan untuk duduk di baris paling depan. Menurutnya, cara ini sangat efektif dalam proses belajar. Apalagi, duduk di baris paling depan sangat memudahkan untuk berinteraksi dengan pengajar.

Biasa Mencicil Belajar Sebelum Ujian

Sandi sangat tidak mendalami peran sebagian besar orang saat akan menghadapi ujian yakni, Sistem Kebut Semalam (SKS), tapi dirinya telah membiasakan diri untuk mencicil belajar sebelum ujian.

“Aku tuh gak pernah cramping atau ga pernah, yang belajar sebelum ujian itu 1-2 sebelumnya. Jarang banget. Biasanya saya cicil panjang gitu loh. Jadi, mungkin 3 minggu atau 2 minggu sebelum ujian udah mulai baca per hari Bab-bab yang akan diuji,” jelas Sandi.

“Terus mencatat, karena menulis itu secara motorik akan membiasakan kita nanti pas ujian. Jadi catatan-catatan itu aku baca sebelum tidur. Jadi pas ujiannya, ya biasanya belajarnya sampe jam 10 terus tidur, karena istirahat yang cukup itu penting banget untuk setiap ujian.”

Kesimpulan

Itulah 5 cara belajar efektif dan mudah ingat ala Sandiaga Uno. Menurutnya ada beberapa langkah yang bisa kita ikuti untuk melatih diri agar sukses dalam belajar, kiat-kiat tersebut antara lain: Belajar Sebelum Pembahasan di Kelas, Membuat Catatan Kecil, Pendalaman Belajar melalui Interaksi dengan Guru dan Profesor, Duduk di Baris Paling Depan, Biasa Mencicil Belajar Sebelum Ujian.

Demikianlah artikel 5 cara belajar efektif dan mudah ingat ala Sandiaga Uno, mudah-mudahan membantu dan memberikan manfaat yang baik.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.