Analisis SWOT ; Potensi Blog untuk Generasi Muda

Untuk mengurai segala potensi blog untuk generasi muda, kiranya perlu untuk melihat sudut pandang dari sisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman blog itu sendiri. sebab dengan melihat faktor-faktor tersebut kita bisa menilai langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan demi mendapatkan potensi blog untuk generasi muda:

Analisis SWOT ; Potensi Blog untuk Generasi Muda

Strengths : Dapat digunakan siapa sajaTerdapat banyak pilihan dari yang gratis sampai yang berbayarTema bebas digunakan oleh pengelolanya dan Dapat menunjukkan kreatifitas pengelola.

Weaknesses : Pengetahuan blogging yang belum memadaiBelum terstruktur secara jelasHanya sekedar atau isengSebatas curhat pribadi dan tidak tertata dengan baik dan Lembahnya pendanaan untuk meningkatkan pengetahuan blogging.
Oppurtunities : Memiliki hubungan relatif dekat dengan Search Engine Optimation, Blog menjangkau secara luas atau globalKonsumen Blog tidak terbatas pada ruang pertemanan tetapi menjangkau semua kalanganKebutuhan akan internet atau konsumen yang selalu haus akan mencari tahu semakin bertambah setiap harinya dan Kehadiran smartphone telah memudahkan masyarakat untuk berinternet.
Threats : Semua niche sudah terisiTersandung blog yang telah mapan dan Banyaknya artikel yang bertebaran menyebabkan deteksi potensi plagiat lebih besar.

Strategi (Strategi ini bersifat umum dan tidak melalui proses SWOT secara mendetail):
Pertama, Meningkatkan layanan gratis dengan optimal sehingga hasilnya maksimal. KeduaMeningkatkan pengetahuan dan seluk blogging baik dari segi tata kelola maupun dari sisi optimasi blog. KetigaMeningkatkan kreatifitas blog sehingga bernilai lebih dan bermanfaat bagi banyak kalangan. KeempatHadir sebagai jawaban atas kebutuhan pengguna internet. KelimaMembedakan antara untuk kepentingan pribadi dan umum. KeenamMembangun Brand Blog sebagai keunggulan komparatif dan KetujuhMeningkatkan kepercayaan diri dalam proses blogging.

Penjelasan dan Langkah-langkah atas strategi mengembangkan potensi blog untuk generasi muda:

Meningkatkan layanan gratis dengan optimal sehingga hasilnya maksimal

Tersedia Blogger dan WordPress serta layanan lainnya untuk semua kalangan. Dengan memanfaatkan potensi tersebut, kita bisa mengeksplorasi layanan gratis tersebut secara optimal. Optimalisasi dari fungsi dan peran blog tersebut akan memberikan hasil yang maksimal. Artinya maksimalisasi dari proses blogging gratis ini dapat ditingkatkan kembali ketika kemapanan dalam blogging telah meningkat. Adanya progres dalam blogging dari setiap tahap yang dijalankan seperti:  Adanya evaluasi dan proyeksi dari proses blogging, Adanya jawaban untuk siapa sebenarnya kita menjalankan blogging, Bahwa sudah saatnya blogging diisi dengan kemanfaatan yang lebih luas dan Dari yang gratis menuju yang berbayar dan lebih menarik dari segi konten dan tampilan.
Meningkatkan pengetahuan dan seluk blogging baik dari segi tata kelola maupun dari sisi optimasi blog

Pengetahuan tentang dunia blog perlu sosialisasi dan terus disuarakan. Memasyarakatkan blog bisa menjangkau setiap kalangan baik diperkotaan maupun di pedesaan, untuk pribadi, kepentingan sosial atau wirausaha (wirausaha). Sehingga blog menjadi kekayaan intlektual dari si empunya blog: Mencari dan terus mencari, banyak tempat untuk kita belajar tentang pengetahuan blog, baik dari internet maupun kursus pribadi. Kemudaian, Menjadikan blogging sebagai kebutuhan dan bukan hanya keinginan, Optimasi blog dan seluk beluknya sebagai kekuatan yang harus terus tumbuh dan berkembang serta  Memperluas wawasan tentang blog melalui kegiatan-kegiatan blogging di internet
Meningkatkan kreatifitas blog sehingga bernilai lebih dan bermanfaat bagi banyak kalangan

Kretifitas blog adalah kunci dari blogging itu sendiri, ketika kita tidak memiliki kreatifitas maka semakin hari kita semakin tertingal. Mengasah kreatifitas blogging tentunya tidak dilakukan dalam sehari, menikmati setiap proses yang terjadi adalah pengalaman yang berharga dan mungkin saja setiap blogger memiliki masalah yang berbeda dan solusinya juga berbeda.
Hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pengguna internet

Kita hadir sebagai jawaban atas apa yang orang cari, atas apa yang orang bingungkan, atas apa yang orang butuhkan. Mereka butuh kita, dan kita hadir menjawab semua persoalan yang terjadi pada mereka. Mereka butuh dan kita memberikannya tanpa tedeng aling-aling. Kitalah jawaban itu, kitalah kunci dari setiap solusi.
Membedakan antara untuk kepentingan pribadi dan umum

Sebenarnya ketika kita masuk kepada wilayah publik, semua yang kita publish akan dinikmati untuk publik. Dan terkadang situasi tersebut memberikan bias yang semakin lebar antara mana yang wilayah privasi dan mana wilayah umum. Agar wilayah privasi tidak terusik maka kita perlu memiliki benang merah yang jelas. Jelas saja blogging itu sendiri dan dunia internet pada umumnya adalah wilayah publik. Semua orang akan memangsa informasi yang kita berikan.
Membangun Brand Blog sebagai keunggulan komparatif

Kekuatan merk sangatlah besar. Kita akan dipandang sebagai apa terletak pada bagaimana kita membangun brand terhadap blog yang kita bangun. Apakah brand yang ingin kita bangun adalah bahwa blog ini memiliki niche yang jelas ataukah blog ini merupakan blog gado-gado, portal berita, blog pribadi yang mengumbar kehidupan dan kegiatan kita sehari-hari. Tergantung dari kita bagaimana kita membangun brand tersebut dan memasarkannya kepada khalayak ramai. Brand juga berimbas terhadap peningkatan dari harga, misalnya Toyota yang sanggup bertarung dan dengan merk Toyota dia bisa meningkatkan harga dari produk yang dijualnya.
Meningkatkan kepercayaan diri dalam proses blogging

Muncul diwilayah publik seperti internet kadang-kadang juga butuh mental yang besar. Apakah kita percaya diri dengan unek-unek yang kita keluarkan. Apakah kita sanggup ketika orang-orang berkomentar dan mengkritik dari setiap ide yang kita keluarkan?. Itulah dinamika dalam blogging. Kita harus membangun kepercayaan diri itu didalam diri kita bahwa kita patut mendapatkan yang terbaik. Kita layak untuk tampil terdepan. Bahwa kita setara dengan mereka yang telah mapan dan lebih dulu hebat di blog. Kita partner, kita adalah teman untuk berbagi ilmu.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.