Bagaimana Melindungi Akun Facebook dari Hacker

Bagaimana Melindungi Akun Facebook dari Hacker

Bagaimana Melindungi Akun Facebook dari Hacker. Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Bahkan di Indonesia pengguna Facebook telah menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia modern saat ini. Dengan prospek begitu besar maka memberikan celah bagi mereka yang berniat jahat untuk merusak dan memasuki laman Facebook yang kita miliki.

Facebook memiliki prospek yang begitu besar karena di dalamnya terdapat data-data para pengguna, apalagi Facebook dapat diakses oleh beragam sarana seperti desktop, laptop, tablet dan smartphone malalui internet dan jaringan mobile.

Baca Juga:  Fitur Baru Facebook; Video Siaran Langsung

Data-data yang bisa diakses dan digunakan oleh kepentingan yang tidak bertanggung jawab dapat dilihat dari proses penggunaan Facebook. Setelah mendaftar dan menggunakan Facebook, pengguna dapat membuat profil pengguna yang menunjukkan nama mereka, pekerjaan, sekolah dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gambar/Foto Postingan Blog/Website Tidak Muncul di Facebok

Pengguna juga dapat menambahkan pengguna lain sebagai teman, bertukar pesan, update status postingan dan foto digital, berbagi video digital dan link, menggunakan berbagai aplikasi perangkat lunak dan menerima pemberitahuan orang lain memperbaharui profil mereka atau membuat postingan. Hal inilah yang bisa dijadikan celah untuk mengakses profil dan mendapatkan data para pengguna. Untuk itu, keamanan dari Facebook sangatlah penting.

Cara Melindungi Akun Facebook

Dikutip dari alltechaffairs.com, ada beberapa langkah agar akun facebook yang kita miliki tidak diretas oleh orang lain. Dalam postingan itu, ia menjelaskan bagaimana melindungi akun facebook dan bagaimana menemukan IP hacker serta saran-saran agar terhindar dari keisengan para hacker.

Tambahkan Dua Langkah Verifikasi

Verifikasi dua langkah merupakan perlindungan tingkat pertama. Kita dapat menginstall aplikasi authenticator dan mengaktifkannya di Facebook.

Baca Juga: Cara Mengetahui Siapa Yang Menghapus Pertemanan (Mendelete atau Unfriend) di Facebook Melalui Chrome

Gunanya adalah untuk memastikan bahwa sistem tersebut adalah sistem yang dipercaya untuk login ke Facebook anda. Setiap kali sumber yang tidak dipercaya login, ia akan mengirimkan pesan serta meminta kode akses dari aplikasi authenticator.

Horoskop Cina tahun 2023 arnab air ...
Horoskop Cina tahun 2023 arnab air hitam-ms

Menggunakan Pasword Yang Sulit

Dengan pasword yang rumit dan panjang akan menyulitkan untuk mengakses akun facebook seperti kombinasi angka, huruf dan simbol.

Pastikan Autoplay Dimatikan di Dalam Sistem

Hal ini memastikan tidak ada keyloggers atau RAT merangkak melalui driver pen dan diam-diam mengirimkan informasi ke sistem hacker. Pastikan juga bahwa program tersebut sudah tidak berjalan. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah Open Run kemudian msconfig dan menonaktifkan semuanya kecuali bahwa yang anda benar-benar butuhkan di tab startup!

Jangan Klik Link Yang Menjanjikan Muluk-Muluk

Jangan mudah percaya dengan link yang menjanjikan sesuatu yang muluk-muluk. Bisa jadi hal tersebut adalah pancingan agar anda meng-klik link tersebut dan diarahkan ke website yang telah mereka targetkan. Mereka bisa jadi akan mencuri cookie dengan memberikan satu sesi aktif untuk hacker. Harus membedakan mana yang scam dan share yang benar.

Jangan Berbagi Pasword Facebook Anda

Jangan berbagi pasword Facebook anda dengan orang yang lain termasuk orang terdekat sekalipun. Mengapa bisa begitu? Misalnya, jika terjadi hubungan yang retak antara kedua belah pihak maka hal-hal yang tidak bisa kita bayangkan sekalipun bisa saja terjadi.

Langkah-Langkah Preventif

Langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi lainya adalah:

Jangan pernah percaya pada jaringan asing

Tentu saja kita harus waspada pada jaringan yang tidak kita pahami, sama seperti halnya dengan link-link yang menjanjikan sesuatu yang di luar jangkauan nalar kita. Bisa saja jaringan-jaringan itu telah dipasang oleh hacker untuk memonitor lalu lintas yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Do-follow dari Facebook PR9

Memonitor Firewall Pada Jaringan Komputer

Saat ini di perangkat jaringan komputer telah terpasang Firewall, yang bisa kita gunakan untuk menjaga sesuatu yang mencurigakan. Untuk itu penting dilakukan monitor keaktifan dari Firewall di jaringan komputer.

Menggunakan OS Berbasis Linux

OS Berbasis Linux memiliki banyak manfaat, salah satunya tidak perlu menginstall antivirus dan tidak begitu banyak spyware untuk OS Linux

Ubah Password Setelah Menggunakan Facebook di Lingkungan Yang Asing

Mengubah pasword, merupakan langkah preventif agar tindakan peretasan dapat dihindari. Apalagi menggunakan Facebook di lingkungan yang asing, kita tidak mengetahui siapa yang memanfaatkan situasi ini.

Update Browser Secara Teratur

Browser juga memiliki celah bagi hacker untuk masuk, untuk itu perlu juga menjaga kesehatan browser dengan cara rutin membersihkannya dan update secara berkala.

Jangan Menyimpan Password di Browser Jika Menggunakan Password Master

Lebih baik, menghindarinya dengan cara log out dari Facebook, jika kita menggunakan browser. Menyimpan password di browser bisa mengundang bahaya.

Baca Juga: Portal Berita Norwegia Sukses Gunakan Artikel Instan Facebook

Cara Mencari IP Addres Hacker

Dan ini adalah cara untuk mencari IP Addres Hacker:

Melalui Pesan di Profil Anda

Langkah pertama, bagaimana menemukan IP Adress sesorang dengan website ini maka kita dapat menghasilkan beberapa link yang dapat dikirim melalui pesan di profil anda. Dan mengunjungi situs pencari IP Adress itu maka kita akan mendapatkan alamat IP nya secara langsung melalui klik akun yang dilakukan.

Melapor ke Pihak Kepolisian

Langkah kedua adalah melaporkan kepada pihak kepolisian dan pihak kepolisian akan melacak dimana akun dan IP Adress itu diaktifkan.

Penutup

Itulah beberapa langkah bagi kita yang ingin mengamankan akun facebook yang kita miliki dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Karena hacker bukan hanya dari pihak asing yang mencuri akun kita melalui aktifitas online tetapi juga bisa saja dari orang terdekat kita sendiri. Baik itu kegiatan iseng maupun melalui usaha yang disengaja karena dendam atau usaha-usaha lain yang ingin menjatuhkan.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.