Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet

Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet

Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet. Bagi yang tinggal di rumah lingkungan padat mungkin tersumbatnya pipa saluran air adalah masalah besar. Bagaimana tidak, pipa saluran air ini melalui lantai bawah rumah dan tak mungkin untuk membongkarnya. Karena di belakang dan samping kiri kanan adalah rumah orang lain, sehingga pada saat pembangunan, saluran air dibuat di bawah lantai rumah. Jika membongkarnya, berarti merusak tatanan rumah. Merepotkan bukan??

Akan berbeda dengan rumah yang luas dan menggunakan siring untuk mengairi saluran air di rumah. Juga dengan rumah di kampung-kampung yang tidak memerlukan saluran air menggunakan pipa dari belakang sampai ke depan.

Saya rasa hampir semua merasakan kejengkelan itu ketika pipa saluran air tersebut tersumbat dan menyebabkan genangan air yang tidak mengalir. Apalagi jika terjadi hujan, maka air yang tergenang ini akan berdampak pada meluapnya air dari pipa ke dalam rumah.

Pipa saluran air yang terpasang dari kamar mandi belakang, bertemu dengan saluran air tempat mencuci pakaian dan saluran air tempat mencuci piring akan berdampak pada tersumbatnya pipa saluran air. Lalu bagaimana solusi yang harus dilakukan untuk mengantisipasi keadaan tersebut?

Penyebab Saluran Air Mampet/Tersumbat

Disini penulis akan membeberkan berdasarkan pengalaman penulis. Tersumbatnya saluran air ini bisa disebabkan oleh beragam alasan:

Sampah/Kotoran

Sampah atau kotoran-kotoran yang besar seperti daun, plastik, pakaian bekas dan makanan bekas yang teraliri air menuju pipa jika bertumpuk akan mengakibatkan tersumbatnya saluran pipa air.

Untuk mengantisipasinya tentu kita harus membuang sampah-sampah tersebut pada tempat sampah yang telah disediakan. Jangan sampai benda-benda tersebut masuk ke dalam pipa saluran air. Karena ini akan menyusahkan kita sendiri kedepannya.

Rambut Rontok

Rambut yang rontok juga menjadi masalah. Rambut yang rontok, secara tidak sengaja hanyut pada saat kita mandi juga akan menghambat laju perjalanan air di dalam pipa.

Oleh sebab itu, jangan buang rambut pada saluran pipa. Sebisa mungkin sediakan tempat pembuangan rambut rontok, yang tersangkut pada saringan saluran air. Jangan biarkan rambut-rambut ini melaju ke dalam salurah air.

Deterjen dan Sabun

Penyebab lainnya adalah tumpukan/akumulasi dari sabun atau deterjen yang akan kita gunakan lama kelamaan akan membeku dan menumpuk menjadi satu. Gumpalan-gumpalan sabun dan deterjen akan ditemukan pada saluran yang mampet.

Saya tidak tau apa penyebabnya, apakah karena tidak larut di dalam air, atau penyebab lainnya. Tetapi saya menemukan gumpalan-gumpalan deterjen dan sabun ini di tempat saluran air yang mampet.

Lemak Sisa Makanan Berminyak

Lemak-lemak sisa makan berminyak juga salah satu yang saya temukan menumpuk menjadi satu dengan deterjen/sabun. Makanan berminyak ini akan menggumpal dan membuat tumpukan di dalam pipa.

Apalagi jika gumpalan-gumpalan itu bertemu di belokan pipa, ini akan menjadi penghalang air untuk mengalir.

Sarang Tikus

Penyebab lainnya adalah binatang pengerat seperti tikus yang bersarang di saluran pembuangan air. Saya menemukan juga kasus yang seperti ini, mungkin tikus-tikus got ini membuat sarang yang dekat dengan akses makanan, terutama di dapur. Sehingga, kotoran-kotoran yang ada disaluran air, ditumpuk dan dijadikannya sarang. (Baca Juga: Cara Mengusir dan membasmi Tikus)

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet?

Solusi dalam mengatasi saluran pipa air tersumbat atau mampet bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti di bawah ini:

Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat Dengan Soda Api

Soda api memang memiliki banyak fungsinya. Salah satunya adalah untuk mengurai tumpukan sabun dan lemak-lemak sisa makanan yang menggumpal menjadi satu pada pipa saluran air. Caranya dengan rutin mengalirkan soda api pada pipa saluran air. Cara ini digunakan untuk menghindari terjadinya penumpukan yang berlebihan. Sehingga, kotoran pada saluran air akan terurai dan melebur karena bahan-bahan yang ada pada soda api.

Tetapi ada yang mengatakan bahwa dengan menggunakan soda api, akan mengakibatkan rusaknya pipa saluran air yang kepanasan. Pipa saluran akan mengecil akibat panas yang ditimbulkan. Tetapi, pengalaman rekan-rekan yang melakukannya tidak terjadi masalah. Karena dengan soda api ini, kotoran lemak-lemak dan sabun yang menggumpal menjadi terpecah dan dapat diurai serta teraliri dengan baik.

Jika cara di atas kurang ampuh dan kotoran yang dirasakan sudah melampaui batas maka cara lainnya adalah cara yang tepat. Mengapa? Cara di atas adalah cara untuk mengantisipasi atau cara preventif untuk tidak terjadinya mampet saluran air, jika sudah terjadi maka cara berikut adalah cara yang lebih ampuh. Yakni:

Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat Dengan Selang Air

Untuk mengatasi pipa saluran air yang tersumbat atau mampet bisa juga dengan selang air. Sesuaikan ukuran selang air, dan perkirakan dapat menjangkau tempat terjadinya sumbatan.

Lalu, sambungkan selang ke kran air. Hidupkan keran air, sehingga air mengalir melalui selang. Selanjutnya, masukkan selang ke pipa saluran air, sembari mengaliri air selang didorong terus menerus untuk menghancurkan dan mengalirkan sampah penyumbat. Cara ini juga pernah saya lakukan dan cukup berhasil, tetapi untuk kasus kotoran yang lebih keras, cara ini kurang berhasil.

Jika cara ini kurang berhasil, ikuti cara selanjutnya.

Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat Dengan Alat Semprot Air atau Mesin Steam Motor/Mobil

Cara ini tergolong lebih mahal, karena menggunakan alat yang harus kita beli seperti alat semprot air atau mesin steam motor/mobil. Alternatif lain tentu saja bisa meminjamnya dari tetangga atau teman yang memilikinya.

Jika sudah ada alatnya, kita tinggal menyemprotkan atau menembakkan air ke dalam saluran air. Tembakan air inilah yang akan mendorong sampah itu menjadi pecah dan keluar.

Jika cara ini dianggap terlalu mahal, maka ikuti cara selanjutnya.

Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat Dengan Besi 6

Belilah besi ukuran 6 atau 8. Toko bangunan sudah paham apa yang kita maksud. Lebih baik gunakan besi 6 karena ukuran ini lebih lentur, bisa kita bengkokkan dan luruskan. Besi ukuran 6 kita beli dengan ukuran panjang pipa yang kita prediksi letak tersangkutnya aliran pipa tersebut. Bagian ujung dibengkokkan merupai lingkaran melonjong sepanjang 10 cm.

Ujung besi yang dibengkokkan menyerupai hurup U namun jangan terlalu lebar agar tidak tersangkut. Bisa juga diusahakan bagian ujungnya menyambung seperti menyerupai hurup O yang lonjong. Cara ini dilakukan agar ujungnya tidak tersangkut pada saat ditarik, dan juga agar tidak menjebol pipa jika ada belokan. Ujung yang dibengkokkan ini juga berfungsi menjadi pengait untuk menarik kotoran di dalam saluran pipa.

Selanjutnya, masukkan besi ke dalam lubang pipa saluran air. Dan gojrok-gojrokkan besi atau dorong besi ke dalam saluran air berkali-kali, disitu akan terasa tempat-tempat yang keras seperti tumpukan yang membatu. Itulah kotoran lemak dan sabun yang menumpuk. Lakukan terus menerus sampai berhasil. Biasanya kotoran akan tersangkut pada ujung besi yang telah kita bentuk. Lalu tarik keluar kembali. Kotoran yang tersangkut akan keluar bersama besi yang telah kita bentuk.

Jika tidak tersangkut, biasanya kotoran akan keluar mengalir mengikuti jalur keluarnya pipa. Bisa kita cek, pada saluran pipa terluar. Jika ada kotoran yang menggumpal keluar dari pipa itu artinya kita telah berhasil mengeluarkan tumpukan kotoran di dalam pipa saluran air.

Cek kembali, pada saluran air. Jika saluran air berjalan cukup deras dan tidak ada genangan itu artinya kita telah berhasil mengeluarkan keseluruhan kotoran. Jika masih ada genangan kecil. Kita bisa mengulangi kembali dengan memasukkan besi 6 ke dalam pipa dan mendorong-dorongnya kembali untuk menghancurkan tumpukan-tumpukan kotoran di dalamnya.

Jika cara ini sudah tidak menghasilkan solusi dan masih saja pipa mampet, maka langkah terakhir adalah:

Memanggil Tukang Sedot WC dan Spesialis Pipa Mampet

Tukang sedot WC atau sepesialis pipa mampet, banyak memasang iklan di tiang-tiang listrik dan telepon. Mereka bisa dihubungi kapan saja. Untuk di daerah saya, harga jasanya berkisar Rp125.000.

Memanggil mereka adalah cara terampuh, karena kita hanya duduk diam dan melihat mereka bekerja. Apalagi, mereka memiliki alat untuk menembak ke dalam saluran pipa dengan mesin yang cukup besar. Mesin ini akan menyemprotkan air dengan jumlah besar sehingga mendorong kotoran keluar. 

Saya rasa, memanggil tukang sedot wc dan spesialis pipa mampet adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi pipa saluran air yang tersumbat.

Jika bicara harga, maka semua saran di atas membutuhkan biaya seperti membeli soda api, membeli selang air, membeli besi 6 dan mesin semprot air.

Demikianlah artikel Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet, mudah-mudahan bisa membantu para pembaca semua dalam mengatasi saluran air yang mampet. Selamat mencoba.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.