Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube – YouTube bisa menghasilkan uang? Saya rasa hampir semua orang sudah mengetahui itu. Tapi ada banyak juga yang tidak mengetahui cara untuk menghasilkan uang dari YouTube. Ya, begitulah yang terjadi. Di Indonesia sudahnya banyak yang sukses menjadi Youtuber, apalagi di luar negeri sana.

Orang-orang seperti Rafi Ahmad, Baim Wong dan banyak lainnya benar-benar membuat sebagian besar hidup mereka dari video YouTube. Jika Anda ingin mengikuti jejak mereka, pertimbangkan tip berikut untuk menjadi mitra YouTube dan maksimalkan penghasilan Anda.

Apa itu Program Mitra YouTube (YouTube Partner Program)?

Program Mitra YouTube adalah program dimana YouTuber terpilih dapat memperoleh pendapatan bersama melalui iklan yang ditempatkan pada halaman yang sama dengan video mereka sendiri. Mitra juga mendapatkan akses ke analisis yang lebih baik untuk saluran mereka dan lebih banyak penyesuaian, seperti kesempatan untuk menambahkan header dan tautan grafis.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Dari Youtube

Karena YouTube dimiliki oleh Google, Mitra menghasilkan uang melalui platform periklanan resmi Google yang dikenal dengan Google AdSense. Saat pemirsa mengeklik salah satu iklan yang ditampilkan di video Mitra, Mitra mendapatkan sebagian pendapatan. Penghasilan akan bervariasi dan bergantung pada konten dan jumlah yang diinginkan pengiklan AdSense tertentu agar iklan mereka ditampilkan.

Setiap pengguna YouTube dapat mengajukan permohonan untuk Program Mitra, namun tidak semua orang diterima. Agar dapat diterima, Anda harus memiliki bukti yang jelas bahwa Anda membuat konten asli secara teratur, Anda memiliki semua hak atas konten tersebut dan video Anda mengalami pertumbuhan popularitas yang substansial.

Cara Menjadi Mitra YouTube adala Jangan Berlaku Curang!

Ada beberapa orang yang menawarkan tipu muslihat dan penipuan yang menjanjikan lebih banyak pandangan dan lebih banyak pelanggan di YouTube. YouTube mengerutkan dahi pada perangkat lunak yang meningkatkan tampilan video dan pengguna yang berpartisipasi dalam “sub 4 sub” (berlangganan pengguna lain hanya agar mereka dapat berlangganan kembali).

Sama sekali tidak ada jalan pintas untuk diterima dalam Program Mitra YouTube. Meski begitu, butuh waktu untuk menumbuhkan pendapatan Anda. Pada awalnya, kebanyakan Mitra hanya mendapatkan kacang. Tujuan Anda harus menumbuhkan saluran Anda dan mendapatkan pemirsa yang sebenarnya.

Mulai membuat konten

Beberapa Mitra mengatakan bahwa merencanakan strategi konten Anda adalah ide bagus sementara yang lain mengatakan bahwa Anda hanya perlu melakukannya. Mulailah membuat video, pelajari saat Anda pergi dan teruslah berjalan.

Saya pun, memulai dengan seadanya, menggunakan kamera smartphone. Membuat video original dengan berbagai event yang kemudian di publikasi.

Stick dengan Theme

Apakah Anda seorang musisi? Seorang direktur bercita-cita tinggi? Seorang blogger video? Seorang desainer grafis? Tema selalu bagus saat memulai saluran YouTube. Ini melukiskan gambaran yang jelas di benak pemirsa tentang apa yang Anda alami dan apa yang ingin Anda capai. Stick dengan konsistensi dalam gaya dan editing.

Tag Video Anda

Saat mengupload video di YouTube, Anda dapat memberi tag mereka dengan kata kunci. Ini membantu orang yang mencari konten untuk menemukan apa yang mereka cari. Buat daftar sebanyak mungkin kata kunci yang relevan dalam tag sebanyak mungkin untuk meningkatkan penayangan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk memasukkan kata kunci dalam judul video Anda karena alasan yang sama.

Membangun Jaringan dengan YouTuber Lainnya

Percaya atau tidak, networking bisa membuat semua perbedaan. Ini tidak berarti skema “sub 4 sub”.

Ini berarti kerja keras yang berhubungan dengan pembuat konten lainnya dan saling mempromosikan konten satu sama lain melalui suka, berkomentar dan bahkan membintangi video satu sama lain.

Jika Anda mengikuti salah satu dari YouTuber besar, Anda tahu bahwa hampir semuanya saling terkait satu sama lain, begitulah cara mereka cenderung menarik lebih banyak pelanggan.

Bahkan jika Anda belum berada di liga besar, Anda masih bisa melakukannya dengan baik dengan menjadikannya sebuah titik untuk sering berinteraksi dengan YouTuber yang Anda kagumi.

Selalu gigih

Kegigihan adalah kunci. Perlu waktu bertahun-tahun untuk diterima dalam program Mitra YouTube dan bertahun-tahun lagi untuk membangun cukup banyak pemirsa untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

Buat konten sesering mungkin, membangun jaringan dengan YouTuber lainnya, berinteraksi dengan audiens Anda, belajar dari kesalahan Anda dan jangan pernah berhenti membuat video.

Butuh kerja keras dan banyak waktu, tapi itu benar-benar satu-satunya cara untuk melakukannya.

Jika Anda telah berada di YouTube setidaknya selama beberapa bulan, cukup beberapa video yang diunggah dan dapat membuktikan bahwa Anda memiliki pemirsa yang kuat melalui penayangan dan pelanggan, maka Anda mungkin memenuhi syarat untuk Program Mitra YouTube.

Ingat bahwa menjadi Mitra YouTube hanyalah langkah awal. Setelah permohonan Anda diterima, kerja keras baru akan dimulai. Semoga berhasil!

Kunjungi YouTube.com/Partners untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Mitra YouTube.

Baca Juga: Mengapa Iklan Tidak Tampil di Video Youtube 

Saat ini, persyaraat dimulai dari April 2017 channel yang bisa di monetisasi ke YouTube adalah jika seluruh tayangan di channel anda telah mencapai 10.000 kali tayang.

Bisa dibayangkan bagaiman caranya agar video-video kita bisa ditonton dengan 10.000 kali tayang, artinya butuh kerja keras. Ya, lagi-lagi kerja keras. Selain membuat konten video yang menarik, hal terpenting juga adalah bagaimana caranya untuk memasarkan channel YouTube yang anda miliki.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.