Cara Mengusir Tikus atau Membasmi Tikus Dari Rumah atau Cara Efektif Mengusir Tikus Secara Alami

Cara Mengusir Tikus atau Membasmi Tikus Dari Rumah atau Cara Efektif Mengusir Tikus Secara Alami

Cara Mengusir Tikus atau Membasmi Tikus Dari Rumah atau Cara Efektif Mengusir Tikus Secara Alami: Tikus, menjadi hewan utama yang dimusuhi di rumah. Bagaimana tidak, hewan pengerat ini sangat-sangat tidak sopan ketika ia ingin mengacak-ngacak rumah. Tanpa pandang bulu, tanpa pandang tempat dan tanpa melihat benda apapun itu.

Sebagai hewan pengerat, tikus benar-benar menjadi predator bagi barang-barang elektronik di dapur. Kabel listrik sebagai tempat tersambungnya alat-alat elektronik ini pun tak luput dari gigitan giginya yang tajam.

Jadi tak ada alasan lain selain mengusir atau membasmi tikus dari rumah. Namun, menurut pengalaman penulis yang telah melakukan beragam eksperimen untuk mengusir tikus di rumah dan telah melakukan banyak cara untuk mengusirnya, ada beberapa cara yang efektif dan juga ada cara yang tidak efektif.

Lalu apakah ada cara paling efektif untuk mengusir tikus? Jawabannya ada, tetapi sebelumnya kita akan mengulas dulu beberapa cara yang kurang efektif yang telah penulis lakukan. Dan ini didasarkan dari saran dari beberapa situs yang penulis baca.

Cara Mengusir Tikus yang Kurang Efektif dan Tidak Ampuh

Setelah membaca beberapa artikel di beberapa situs, disebutkan ada beberapa cara:

Mengusir tikus dengan kapur barus/kamper

menurut beberapa situs tersebut, tikus sangat membenci bau kapur barus. Maka penulis mencoba mempraktekannya di rumah. Bahkan satu bungkus kapur barus yang saya beli, saya tebar pada tempat-tempat persembunyian dan jalur perjalanan tikus.

Namun, hampir seminggu diterapkan cara ini tidak berjalan efektif, tikus-tikus itu tidak merasa terganggu dan dengan santainya tetap melewati jalur-jalur yang di pasang kapur barus. Saya rasa eksperimen saya kali ini gagal dengan dibuktikan tikus-tikus itu tidak takut dengan bau kapur barus.

Teh Celup Bekas

Beralih ke cara berikutnya, mengusir tikus dengan bekas bungkus teh celup. Alasan yang diungkapkan oleh situs-situs itu adalah dengan cara ini tikus tidak menyukai bau mint yang dikeluarkan oleh bungkus teh celup bekas tersebut.

Bungkusan teh celup bekas tersebut saya sebar ke berbagai tempat. Namun, lagi-lagi gagal, tikus tidak takut dan tidak terpengaruh. Bahkan rumah justru menjadi kotor karena bungkus bekas teh celup ini memiliki noda yang kotor.

Pada hari yang sama saya hendak mencuci pakaian dengan mesin cuci, namun apa yang terjadi ternyata mesin cuci tidak menyala. Setelah saya cek kesana kemari, ternyata tikus telah melubangi bagian bawah mesin cuci yang berupa rongga-rongga udara. Rongga-rongga udara ini telah dilubangi oleh tikus, karena memang terbuat dari plastik. Di bawahnya tikus-tikus itu telah bersarang, padahal tepat dibawahnya telah saya berikan kapur barus dan bekas bungkusan teh celup bekas.

Tikus itu bersarang dengan mengumpulkan plastik, kertas, tulang-tulang makanan dan beragam kain yang ia curi sehingga tersangkut pada motor mesin cuci. Beberapa kabel listrik pada mesin cuci pun terputus olehnya. Saya semakin emosi dibuatnya.

Suara Bising dan Suara Jangkrik

Cara ketiga saya terapkan, yakni membasmi tikus dengan menimbulkan suara-suara bising dan memelihara jangkrik. Pada posisi saya dari tengah rumah, saya bisa melihat kondisi dapur. Jadi perjalanan tikus di dapur dapat saya amati dengan seksama. Suara jangkrik dan suara bising lainnya saya hidupkan dengan mengamatinya. Tetapi apa yang terjadi, cara ini lagi-lagi tidak bekerja. Dan salah satu tikus malah mendekati hp saya dan hendak memakannya. Pergerakan tikus itu seolah-olah ia ingin menyerang jangkrik yang sedang berbunyi. Tikus tidak takut dengan suara-suara itu.

Lem Tikus

Lem tikus akan sangat berfungsi jika ukuran tikusnya kecil, tetapi untuk tikus yang besar cara ini kurang efektif. Tikus yang besar dapat menghindar dan melompati lem yang dipasang.

Di samping itu juga, lem akan mengotori tempat-tempat yang dipasangi dan sangat susah untuk dihilangkan.

Maka, saya menyimpulkan cara-cara di atas kurang efektif untuk dilakukan. Bisa dikatakan tidak ampuh untuk membasmi dan mengusir tikus.

Cara Jitu Mengusir dan Membasmi Tikus, Terbukti Ampuh

Sebenarnya cara ini saya hindari tetapi apa boleh buat, para tikus tidak mau diajak kompromi sehingga saya mentok dan melakukan cara yang terbukti ampuh dan efektif untuk mengusir dan membasmi tikus.

Lalu apa langkah jitu yang harus dilakukan. Inilah langkah-langkah yang pada akhirnya saya lakukan:

Membasmi Tikus Dengan Racun Tikus

Racun tikus adalah cara efisien dan efektif untuk membasmi tikus. Tetapi memang kita harus jeli, kemana tikus itu lari dan mati. Sebelum baunya menyebar dan semakin membuat rumah menjadi kotor.

Ada beberapa racun tikus yang ampuh. Karena dengan memakannya, tikus langsung mati dari jarak beberapa meter saja pada saat ia memakan racun tersebut. Jadi dapat dengan mudah kita mendeteksi arah kematiannya.

Biasanya juga, bangkai tikus akan dikerubuti oleh semut dan lalat, sehingga lokasi bangkai ini bisa dideteksi secara alami. Memang ini bisa dikatakan sangatlah telat, karena dengan kondisi demikian, bau tak sedap sudah merebak. Jadi sebelum kejadian ini berlangsung, kita harus tanggap dan mendahuluinya dengan mendapatkan bangkai tikus tersebut.

Menangkap Tikus Dengan Jebakan Tikus

Jebakan tikus dapat dengan mudah kita beli. Hanya bermodalkan jebakan yang telah tersedia dan dengan umpan sisa-sisa makanan, tikus dapat dengan mudah ditangkap. Cara ini adalah cara efektif, saya sudah mencobanya dan berhasil. Begitu juga dengan racun tikus diatas, saya berhasil meracun tikus yang telah menyebabkan kerusakan.

Cara Mengusir Tikus atau Membasmi Tikus Dari Rumah atau Cara Efektif Mengusir Tikus Secara Alami
Contoh Tikus Yang Berhasil Saya Tangkap

Cobalah dengan jebakan tikus ini, ada beragam cara jika tidak ingin membeli jebakan tikus. Di Youtube ada beberapa tutorial DIY untuk membuat jebakan tikus. Kita bisa mempraktekannya dirumah.

Mengusir Tikus Dengan Membersihkan Sarang Tikus

Ini adalah cara yang paling penting. Setelah melakukan kedua hal diatas, carilah tempat-tempat yang bisa kita prediksi ada sarang tikus di tempat-tempat tertentu. Ini sangat mudah menebak dimana tikus-tikus itu bersarang. Tutuplah seluruh jalur pelarian tikus. Jika ada di dapur, tutuplah pintu menuju tempat lain baik menuju kamar belakang, kamar mandi maupun ke ruang tengah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat atau Mampet

Bongkar semua tempat-tempat itu dan bersihkan, jangan sampai ada tempat-tempat atau kolong-kolong yang luput dari perhatian. Tikus suka menumpuk-numpuk barang bekas untuk dijadikan sarangnya. Itulah tempat yang paling disukainya. Lakukan ini secara rutin, jika tidak tikus akan datang kembali dan merusak tempat-tempat tersebut.

Penutup

Itulah, beberapa pengalaman penulis dalam membasmi tikus di rumah. Cara-cara yang penulis anggap sebagai cara yang paling efektif dan ampuh untuk membasmi tikus.

Selain cara di atas, tentu saja ada cara lain yakni memelihara predator tikus seperti anjing, kucing maupun ular di rumah. Tentu predator alami juga sangat efektif untuk mengusir tikus, terutama ular, namun jika kamu berani memeliharanya di rumah penulis anggap itu tidak masalah.. hehe..

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.