Cara Menjadi Blogger Sukses

Cara Menjadi Blogger Sukses

Cara Menjadi Blogger Sukses – Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk sukses. Salah satunya adalah menjadi blogger. Siapa bilang blogger bukan suatu profesi? Saat ini blogger bisa dikatakan suatu profesi, jika serius digarap.

Mungkin bagi sebagian besar orang, menjadi blogger adalah sebuah keisengan atau menyalurkan hobi dalam menulis. Semua itu tidaklah salah, tetapi ada hal besar yang bisa diraih dengan menentukan pilihan menjadi blogger.

Selain kepuasan, ada faktor lain yang bisa diperoleh dari ngeblog, yakni pendapatan atau uang. Uang akan mengikuti mereka yang telah sukses merintis menjadi blogger.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog Selain Dari Iklan atau Adsense

Saat ini, ngeblog bukan hanya pekerjaan sampingan para ibu rumah tangga, atau pekerjaan iseng para mahasiswa yang mengulas tentang sesuatu yang diketahuinya atau juga dalam rangka mengerjakan tugas kuliahnya. Tetapi ngeblog dapat mengubah jati diri seseorang menjadi sukses dan dikenal oleh khalayak ramai.

Tenar Karena Blog

Ada banyak nama tenar, baik dari mancanegara atau di dalam negeri yang sukses dengan ngeblog. Ada juga yang telah naik menjadi sebuah film, yang mengulas tentang suksesnya seorang blogger.

Salah satu blogger sukses yang bisa dilihat dari sosok Raditya Dika. Ia adalah salah satu sosok sukses dari seorang blogger. Bagaimana ia mampu mengelola blog menjadi bacaan harian para pembaca.

Dari nama-nama tenar para blogger dunia maupun lokal, penulis mengambil hikmah bagaimana mereka bekerja keras sehingga mencapai sukses. Blog adalah jalan mereka menuju sukses. Sebab, blog menjadi sarana promosi mereka untuk menaikkan potensi diri mereka.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Blog menjadi tempat mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki passion yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Melalui blog, mereka mampu “menjual diri” mereka. How to sell your self? Sehingga ada yang menjadi artis, menjadi pembicara pada seminar-seminar, menjadi expert di bidang atau kompetensinya dan masih banyak lagi.

Blog Menghasilkan Uang

Menjadi blogger berarti menjadi seorang publisher. Menjadi seorang publisher dihargai oleh pihak-pihak yang ingin menjual produk. Blog yang dikelola akan dibayar dengan memajang produk atau iklan dari produsen tertentu. Ada tempat ada harga. Blog adalah etalase bagi produk mereka di era digital saat ini.

Selain itu, tentu saja seperti yang saya katakan sebelumnya, dengan mengelola blog secara profesional, maka blog adalah tempat pijakan untuk melangkah lebih jauh lagi seperti menjadi artis layaknya Raditya Dika, menjadi pembicara, menjadi pengamat dan lainnya.

Menjadi Blogger Sukses

Bisakah saya menjadi blogger yang sukses? Mungkin itu adalah pertanyaan yang ada di benak anda. Tentu saja jawabannya adalah ‘Iya”, setiap orang punya kesempatan untuk sukses seperti mereka yang telah menjadi contoh.

Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus dilalui agar menjadi blogger sukses? Berikut ini beberapa tips atau cara untuk menjadi blogger sukses:

Tentukan “Niche” Blog

Cara menjadi blogger sukses yang pertama adalah menentukan niche blog. Dari pengalaman dan pengamatan penulis, ada banyak faktor untuk menjadi blogger sukses. Kata kuncinya adalah “konten” di dalam blog. Akan dibawa kemana blog yang kita kelola?

Para blogger senior mengatakan bahwa untuk suksesnya sebuah blog harus disesuaikan dengan “niche” blog tersebut. Caranya dengan menetapkan apa yang ingin diulas? Apa yang ingin dibahas di dalam blog tersebut?

Baca Juga: Memulai Ngeblog Dengan Blogger (Blogspot)

Langkah jitu untuk menentukan niche blog adalah dengan memahami apa passion yang kita miliki. Apa hobi yang kita miliki. Jika anda hobi dalam otomotif, maka garaplah otomotif. Karena dengan spesifikasi ini, anda akan dihitung sebagai seorang spesialis.

Jika anda memahami dan hobi dengan kuliner, maka garaplah kuliner. Karena dengan memahami dan hobi, anda akan tahu akan dibawa kemana blog yang anda miliki. Orang-orang akan memberi anda stampel sebagai seorang yang pakar dalam kuliner.

Anda seorang traveller? Inilah bukti anda bisa melakukannya. Karena dari banyak macam blogger, traveller blogger terhitung banyak yang sukses. Bahkan mereka banyak dibayar oleh pemerintah daerah untuk mempromosikan dan mengulas tempat-tempat wisata.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Setelah menemukan apa passion anda, cara menjadi blogger sukses selanjutnya adalah kerja keras dan kerja cerdas . Ya, kerja keras adalah kunci, setelah secara cerdas anda menentukan “niche” yang akan digarap.

Menjadi seorang blogger, tidak bisa setengah-setengah, apalagi setengah hati. Tetapi secara penuh harus dihayati. Akan banyak lika liku dan jatuh bangun yang dilalui. Ada banyak aral dan rintangan yang menghadang, tetapi itu semua harus dilewati, dengan kerja cerdas dan kerja keras.

Baca Juga: Menjadi Blogger Sepenuh Hati

Anda harus tahu, potensi mana yang bisa diambil dan mana yang sia-sia. Lambat laun anda akan mengetahui mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat. Pada intinya, jangan menyerah karena anda belum melakukan apa-apa.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website

Tidak hanya menjadi seorang blogger, menjadi apapun, tidak segampang yang dikira. Tetapi dengan hobi dan senang-senang, semua akan berjalan tanpa kita menjadikannya sebuah beban.

Mempelajari Trik Ngeblog

Cara menjadi blogger sukses yang ketiga adalah mempelajari trik ngeblog. Mempelajari trik ngeblog adalah cara untuk meningkatkan popularitas dari sebuah blog. Blog butuh pengelolaan agar menjadi tenar dan dikenal semua orang.

Penting bagi seorang blogger untuk mempelajari trik ngeblog seperti SEO, sarana promosi, dan pengelolaan teknis lainnya.

Mempelajari trik ngeblog ini adalah langkah untuk meningkatkan trafik blog. Ada banyak buku dan konten para blogger lainnya yang membahas tentang trik-trik ini. Kita bisa mencari dan mempelajarinya. Pada intinya adalah mencari dan tidak berhenti.

Berlatih Menulis

Cara menjadi blogger sukses selanjutnya adalah berlatih menulis. Kekuatan blog adalah pada konten, dan konten dari blog adalah hasil karya dari tulis menulis. Asahlah kemampuan menulis sebaik mungkin. Ada banyak tutorial yang bisa anda pelajari tentang bagaimana caranya menulis dengan baik.

Di dalam blog, gambar dan video adalah elemen tambahan untuk memberikan pemahaman dan mempercantik tulisan yang dibuat. Untuk itu, sangatlah penting untuk melatih secara kontinyu cara menulis yang baik. Merangkai kata-kata menjadi kalimat yang asyik untuk dibaca, dinikmati, dan dipahami oleh pembaca.

Yang perlu digaris bahwai adalah menulis bukan perkara yang instan. Menulis perlu untuk terus dilatih. Semakin dilatih maka semakin tajam.

Banyak Membaca

Faktor penting untuk menjadi blogger sukses selanjutnya adalah banyak membaca. Bobot tulisan akan semakin baik jika seorang penulis rajin membaca. Selain menambah kecerdasan, aktifitas membaca juga menambah perbendaharaan kata si penulis. Semakin banyak perbendaharaan kata maka semakin kaya tulisan yang dibuat.

Tentu saja bacaan yang berbobot dan berkaitan dengan niche yang menjadi target anda dalam mengelola blog. Kegiatan membaca akan memberikan inspirasi bagi anda untuk menulis konten yang berkualitas.

Konsisten dan Memiliki Komitmen

Apapun yang ada di dunia ini kunci utama kesuksesan adalah terletak pada konsistensi dan komitmen yang kita tanamkan. Ketika memilih menjadi blogger maka konsistensi dan komitmen sangatlah diperlukan.

Baca Juga: CPM, Indikator Penting Bagi Blogger dan Youtuber

Kita harus konsisten dengan apa yang telah kita tanamkan. Ketika kita konsisten dalam ngeblog, maka hal tersebut menjadi nilai yang bisa kita jual. Konsistensi dan komitmen ini akan menjadi kekuatan bagi kita untuk terus berkarya dan sukses.

Memiliki Rencana dan Target

Untuk menjadi blogger yang sukses, tentu saja rencana dan target tidak boleh dilewatkan. Anda harus merencanakan blog ini kedepannya seperti apa dan target-target apa yang harus dicapai.

Rencana dan target berkaitan erat dengan konsistensi dan komitmen. Dari sini kita bisa mengukur apa rencana dan target yang harus disusun.

Misalnya, dalam waktu satu tahun target yang ingin dicapai adalah 1000 pageview per hari. Langkah untuk mencapai target adalah dengan konsisten untuk update artikel minimal 2 hari 1 artikel, atau 4 artikel dalam seminggu. Syukur-syukur jika memiliki komitmen dan rencana untuk update minimal 1 artikel setiap hari.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang dapat saya sampaikan tentang cara menjadi blogger sukses.

Dalam tulisan ini, sebetulnya saya sedang berbicara kepada diri saya sendiri, saya sedang menasehati diri saya sendiri, dan mohon maaf, tidak ada maksud saya untuk menggurui teman-teman yang ingin berkecimpung dalam dunia blogging.

Cara-cara yang saya sampaikan di atas, adalah sebagai motivasi untuk sama-sama kita belajar dan mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. Ada banyak para blogger yang sukses dan tentu saja saya tidak membicarakan para pemilik media besar yang turut masuk dan menjadi pesaing para blogger. Dimana pun tempat itu, saya meyakini pasti ada celah atau ceruk yang bisa kita ambil untuk menjadi blogger yang sukses.

Demikianlah artikel cara menjadi blogger sukses ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.