Chairul Tanjung: Kunci Menjadi Pemenang adalah Bisa Beradaptasi

Chairul Tanjung: Kunci Menjadi Pemenang adalah yang Bisa Beradaptasi

RAJOBASO.COM- Chairul Tanjung atau biasa disapa dengan CT adalah pengusaha terkaya nomor 6 di Indonesia versi Forbes tahun 2021. Ia merupakan Founder and Chairman CT Corp yang bergerak pada bisnis media hingga perbankan. Kekayaannya mencapai US$ 5,5 miliar atau setara dengan 78 triliun rupiah.

Kepada Forbes Asia, sebagaimana dikutip dari kanal Youtube Be A Billionaire ID, CT mengatakan orang yang paling bisa beradaptasi adalah orang yang akan menjadi pemenang.

Baca Juga: Pentingnya Governance dalam Stablitas Sistem Keuangan

“Saya selalu ingat apa yang dikatakan Charles Darwin, ‘Bukan spesies yang paling kuat dan paling pintar yang akan bertahan, tapi yang paling bisa beradaptasi’. Ini sangat penting untuk era disrupsi kita saat ini, karena kita mengerti bahwa banyak sekali disrupsi saat ini karena teknologi, karena perubahan gaya hidup dengan bermacam situasi global dengan lingkungan saat ini. Jadi untuk apapun, anda perlu beradaptasi.”

“Bisa anda bayangkan bukan orang yang paling kuat dan paling pintar yang akan menjadi pemenang tapi orang yang paling bisa beradaptasi,” ujarnya.

Ungkapan CT ini bukannya tanpa alasan, tetapi mengingat latar belakang dan perjuangannya di masa lalu demi mencapai kesukesan yang diraihnya saat ini.

“Saya bukan berasal dari keluarga orang kaya. Jadi saya memulai ketika tahun pertama di Universitas, saya masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi. Tapi sebenarnya keluarga saya tidak dapat mendukung biaya kuliah. Oleh karena itu saya mencoba mengumpulkan uang sendiri. Jadi itulah proses wirausaha yang saya mulai.”

“Ketika anda memulai bisnis, anda sebenarnya bukan siapa-siapa. Anda tidak memiliki modal, anda tidak memiliki jaringan. Anda tidak memiliki pengetahuan, anda tidak memiliki pengalaman. Ini adalah tantangan yang nyata, yang terpenting saat itu adalah saya harus mencoba.”

“Mencoba dan belajar dari kesalahan. Berapapun banyak kesalahan yang saya buat. Itu adalah proses pembelajaran. Karena ketika saya membuat kesalahan saya tahu mengapa kesalahan itu datang, oleh karena itu saya mencoba untuk menghindari kesalahan”.

Dengan latar belakang seperti itulah, ucapan Charles Darwin terpatri dalam dirinya, sehingga ia mampu beradaptasi dengan situasi atau perubahan yang terjadi.

Baca Juga: 4 Tips Manajemen Pekerjaan dan Keluarga pada Keluarga Ibu Bekerja

Ketika ditanya tentang makna kesuksesan, CT menyatakan bahwa kesuksesan bagi dirinya adalah ketika ia bisa berkontribusi baik bagi orang lain.

“Arti sukses itu berbeda untuk setiap orang. Bagi saya, sukses adalah tentang seberapa banyak anda bisa menjadi orang baik untuk berkontribusi banyak kepada masyarakat, untuk orang di sekeliling, untuk negara anda, untuk dunia, itu yang paling peniting.”

“Bagi saya, jika saya bisa berbuat baik kepada orang di sekeliling saya, masyarakat, negara saya, kepada dunia, di situ saya merasa bahwa saya sukses,” terang CT.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.