Dajjal Pernah Tawaf Di Kakbah, Benarkah?

Dajjal Pernah Tawaf Di Kakbah, Benarkah
Membicarakan Dajjal memang tidak ada habisnya. Penuh misteri dan teka-teki. Kebenaran akan datangnya Dajjal juga menyulut kontroversi, dan sesuai dengan judul di atas bahwa Dajjal pernah melakukan tawaf di Kakbah, benarkah demikian? Sedangkan diharamkan bagi Dajjal untuk memasuki Mekah dan Madinah. Untuk lebih lengkapnya, mari ikuti pembahasan berikut:
 
Menurut hadis shohih, Dajjal pernah tawaf di kakbah bersama dua orang. Dalam HR Bukhari Muslim disebutkan bahwa: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki dengan rambut keriting, buta sebelah matanya, dan meletakan kedua tangannya diatas kedua pundak seorang laki-laki untuk melakukan thawaf, lalu beliau bertanya tentangnya? Mereka (para Malaikat) menjawab, “Sesungguhnya dia adalah Al-Masih Ad-Dajjal.”
 
 
Di dalam hadist lain diungkapkan bahwa, haram bagi Dajjal untuk memasuki Mekah dan Madinah,: ”…Mekah dan Madinah, keduanya diharamkan untuku, setiap kali aku hendak masuk ke salah satu darinya maka malaikat akan menghadangku (Dajjal)…” (HR. Muslim).
 
Dalam versi lengkap hadist tersebut dikatakan: “[Telah menceritakan kepada kami [Harmalah bin Yahya] telah menceritakan kepada kami [Ibnu Wahab] dia berkata, telah mengabarkan kepada kami [Yunus bin Yazid] dari [Ibnu Syihab] dari [Sali bin Abdullah bin Umar bin Al-Khaththab] dari [bapaknya] dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Ketika aku tertidur, aku bermimpi thawaf di Kakbah. Tiba-tiba mucul seorang laki-laki berkulit sawo matang, berambut terurai di antara dua orang laki-laki. Kepalanya meneteskan air atau kepalanya mengucurkan air. Aku bertanya, “Siapakah orang ini?” Mereka menjawab, “Ini putra Maryam”. Kemudian aku pergi berpaling, tiba-tiba ada seorang laki-laki berkulit merah, berambut keriting, buta sebelah, seakan-akan matanya adalah anggur yang masak. Aku bertanya, “Siapakah orang ini?” Mereka menjawab, “Ad-Dajjal, orang yang paling mirip dengannya adalah Ibnu Qathan.” (HR. Muslim No. 250).
 
Jadi, menurut hadist tersebut adalah Dajjal pernah tawaf di kakbah dan dilihat oleh Rosulullah SAW melalui mimpinya. Rosulullah bermimpi sedang melakukan tawaf di kakbah dan melihat Isa putra Maryam dan pada sisi yang lain, Rosulullah melihat Dajjal.
 
Wallahu A’lam Bishowab

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.