DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA – ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS) (1)

BUKU I. PENYEBAB PERBAIKAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA, DAN PERMINTAAN MENURUT HASIL YANG DIDISTRIBUSIKAN SECARA ALAMIAH DIANTARA PERBEDAAN PERINGKAT TENAGA KERJA 

BAB II. DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA.

Pembagian kerja ini, yang begitu banyak keuntungan yang diterima, dan bukanlah kemurniah efek dari kebijaksanaan manusia, yang meramalkan dan bermaksud bahwa kemewahan umum yang memberikan kesempatan. Hal ini diperlukan, meskipun sangat lambat dan bertahap, konsekuensi dari kecenderungan tertentu dalam sifat manusia, yang memiliki pandangan utilitas yang tidak luas seperti; kecenderungan untuk truk, barter, dan pertukaran satu hal lain.



DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA - ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS) (2)


Apakah kecenderungan ini menjadi salah satu prinsip asli dalam sifat manusia, yang tidak memperhitungkan lebih lanjut dapat diberikan, atau apakah, seperti yang tampaknya lebih mungkin, itu konsekuensi yang diperlukan dari fakultas akal dan berbicara, itu tidak memiliki ketundukan kita sekarang untuk menanyakan. Hal ini umum untuk semua orang, dan tidak dapat ditemukan ada ras hewan lainnya, yang tampaknya tidak tahu maupun dari spesies lainnya. Dua bulldog, dalam menjalankan menuruni kelinci yang sama, kadang-kadang memiliki penampilan bertindak semacam konser.


Ternyata setiap dia berhadapan, atau upaya untuk ketika mencegat temannya ternyata dia berhadapan dengan dirinya sendiri. Ini, bagaimanapun, bukanlah pengaruh dari kontrak apapun, tapi dari persetujuan atas nafsu mereka dalam objek yang sama pada waktu tertentu. Tak seorang pun pernah melihat anjing membuat pertukaran yang adil dan sengaja satu tulang untuk lain dengan anjing lain. Tak seorang pun pernah melihat satu hewan, dengan gerakan dan teriakan alam menandakan yang lain, ini adalah milikku, dan itu milikmu; Saya bersedia untuk memberikan ini untuk itu. Ketika binatang ingin mendapatkan sesuatu yang baik dari seorang laki-laki, atau hewan lain, ia tidak memiliki cara persuasif lainnya, tapi untuk mendapatkan bantuan layanan dari orang-orang yang membutuhkan. Seekor anjing rusa pada induknya, dan usaha spaniel, oleh seribu atraksi, yang melibatkan perhatian tuannya saat makan malam, ketika ingin diberi makan oleh dia. 

Kadang-kadang menggunakan seni yang sama dengan saudara-saudaranya, dan ketika ia tidak memiliki cara lain untuk melibatkan mereka untuk bertindak sesuai dengan kecenderungan nya, usaha oleh setiap perhatian budak dan menjilat untuk mendapatkan niat baik mereka. Dia tak memiliki waktu, namun, tetap melakukan hal ini pada setiap kesempatan. Dalam masyarakat beradab ia berdiri di sepanjang waktu membutuhkan kerjasama dan bantuan dari banyak orang besar, sementara jarang seluruh hidupnya cukup untuk mendapatkan persahabatan dari beberapa orang. Di hampir setiap balapan lain dari hewan, setiap individu, ketika menjadi dewasa, sepenuhnya independen, dan dalam keadaan alami memiliki kesempatan untuk tidak mendapatkan bantuan dari makhluk hidup lainnya.


Tetapi manusia memiliki kesempatan hampir konstan untuk bantuan saudara-saudaranya, dan itu adalah sia-sia baginya untuk mengharapkan dari kebajikan mereka saja. Dia akan lebih mungkin untuk menang jika ia dapat menarik cinta dihati mereka, dan memberitakan kepada mereka bahwa itu adalah untuk keuntungan mereka sendiri melakukan untuknya apa yang dia butuhkan untuk mereka. Siapa pun menawarkan yang lain tawar-menawar apapun, mengusulkan untuk melakukan hal ini. Berikan saya bahwa yang saya inginkan, dan Anda akan memiliki ini yang Anda inginkan, adalah arti dari setiap tawaran tersebut; dan itu adalah dengan cara ini yang kita peroleh dari satu sama lain bagian yang jauh lebih besar dari orang-orang kantor yang baik yang kita berdiri membutuhkan. Ia bukan dari kebajikan dari tukang daging, pembuat bir, atau tukang roti yang kita harapkan kami makan malam, tetapi dari hal mereka untuk kepentingan mereka sendiri.

Kami menangani diri kita sendiri, bukan untuk kemanusiaan mereka, tetapi untuk cinta diri mereka, dan tidak pernah berbicara dengan mereka dari kebutuhan kita sendiri, tetapi dari keuntungan mereka. Tidak ada pengemis memilih untuk bergantung terutama pada kebajikan dari rekan-rekannya sesama warga. Bahkan seorang pengemis tidak tergantung pada hal itu sepenuhnya. Amal orang baik-dibuang, memang, memasok dia dengan seluruh dana subsistennya. Tapi meskipun prinsip ini pada akhirnya memberikan dia dengan semua kebutuhan hidup yang ia miliki kesempatan untuk itu, begitu juga tidak bisa memberikan dia dengan mereka karena ia memiliki kesempatan untuk mereka. Sebagian besar dari keinginan sesekali diberikan dengan cara yang sama dengan orang lain, dengan perjanjian, dengan barter, dan oleh pembelian. Dengan uang yang seorang berikan dia membeli makanan. Pakaian lama yang diberikan setelah dia bertukar pakaian lain yang cocok untuknya baik, atau untuk penginapan, atau untuk makanan, atau uang, yang ia dapat membeli baik makanan, pakaian, atau penginapan, karena ia memiliki kesempatan.

Lanjut Halaman 2

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.