DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA – ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS) (2)

DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA – ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS): Seperti itu adalah dengan perjanjian, dengan barter, dan dengan pembelian, yang kita peroleh dari satu sama lain sebagian besar kantor-kantor baik saling berdiri membutuhkan, sehingga disposisi truk ini sama yang awalnya memberikan kesempatan untuk pembagian kerja . Dalam suku pemburu atau gembala, orang tertentu membuat busur dan anak panah, misalnya, dengan lebih kesiapan dan ketangkasan dari yang lain. Ia sering menukar mereka untuk ternak atau untuk daging rusa, dengan teman-temannya; dan ia menemukan pada akhirnya bahwa ia dapat, dengan cara ini, mendapatkan lebih banyak sapi dan daging rusa, daripada jika ia sendiri pergi ke lapangan untuk menangkap mereka. Dari hal kepentingan sendiri, oleh karena itu, pembuatan busur dan anak panah tumbuh menjadi bisnis utamanya, dan dia menjadi semacam pabrik senjata. Lain unggul dalam membuat frame dan sampul pondok kecil atau rumah bergerak. Dia terbiasa berguna dengan cara ini untuk tetangganya, yang membalasnya dengan cara yang sama dengan sapi dan dengan daging rusa, sampai akhirnya ia menemukan minatnya untuk mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk pekerjaan ini, dan menjadi semacam rumah -tukang kayu. Dalam cara yang sama ketiga menjadi pandai besi; keempat, seorang penyamak kulit atau lemari dari jangat atau kulit, bagian utama dari pakaian liar.


DARI PRINSIP YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN ATAS PEMBAGIAN TENAGA KERJA - ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS) (2)


Dan dengan demikian kepastian untuk bisa bertukar semua surplus bagian dari hasil kerja sendiri, yang lebih dan di atas konsumsi sendiri, untuk bagian seperti dari hasil pekerjaan orang lain karena ia mungkin memiliki kesempatan untuk, mendorong setiap orang untuk menerapkan dirinya untuk suatu pekerjaan tertentu, dan untuk menumbuhkan dan membawa ke kesempurnaan apapun bakat jenius ia mungkin memiliki spesialisasi tertentu dari bisnis.

Perbedaan bakat-bakat alamiah pada berbagai orang, adalah, pada kenyataannya, jauh lebih sedikit daripada yang kita sadari; dan jenius yang sangat berbeda yang tampak membedakan orang-orang dari berbagai profesi, ketika menjadi dewasa, tidak pada banyak kesempatan begitu banyak penyebabnya, sebagai efek dari pembagian kerja. Perbedaan antara karakter yang paling berbeda, antara seorang filsuf dan portir jalan umum, misalnya, tampaknya muncul tidak begitu banyak dari alam, seperti dari kebiasaan, adat, dan pendidikan. Ketika mereka datang ke dunia, dan untuk pertama enam atau delapan tahun keberadaan mereka, mereka, mungkin, sangat mirip, dan tidak orang tua mereka atau rekan bermain bisa melihat perbedaan yang luar biasa. Tentang usia itu, atau segera setelah, mereka datang untuk dipekerjakan dalam pekerjaan yang sangat berbeda. Perbedaan bakat datang kemudian akan diambil pemberitahuan, dan melebar oleh derajat, sampai pada bertahan kesia-siaan filsuf bersedia mengakui kemiripan yang langka. Tapi tanpa disposisi untuk truk, barter, dan pertukaran, setiap orang harus diperoleh untuk dirinya setiap diperlukan dan kehidupan yang ia inginkan. Semua pasti punya tugas yang sama untuk melakukan, dan pekerjaan yang sama harus dilakukan, dan mungkin sudah ada tidak ada perbedaan seperti pekerjaan seperti memberikan kesempatan untuk setiap perbedaan besar bakat.

Seperti itu disposisi ini yang membentuk bahwa perbedaan bakat, jadi luar biasa di antara orang-orang dari berbagai profesi, sehingga disposisi yang sama yang membuat perbedaan yang berguna. Banyak suku hewan, diakui menjadi semua spesies yang sama, berasal dari alam perbedaan yang jauh lebih luar biasa jenius, dari apa, yg adat dan pendidikan, muncul untuk mengambil tempat di antara manusia. Secara alami seorang filsuf tidak dalam jenius dan disposisi setengah jadi berbeda dari portir jalan, sebagai mastiff adalah dari anjing abu-abu, atau anjing abu-abu dari spaniel, atau ini dari anjing gembala. Suku-suku yang berbeda dari hewan, namun, meskipun semua spesies yang sama yang dari langka gunanya satu sama lain. Kekuatan mastiff adalah tidak sedikit didukung baik oleh kecepatan dari greyhound, atau oleh kebijaksanaan dari spaniel, atau dengan kepatuhan anjing gembala. Efek dari orang-orang jenius dan bakat yang berbeda, karena kekurangan daya atau disposisi untuk barter dan pertukaran, tidak bisa dibawa ke dalam saham biasa, dan tidak sedikit pun memberikan kontribusi pada akomodasi yang lebih baik dan conveniency dari spesies. Setiap hewan masih berkewajiban untuk mendukung dan membela diri, secara terpisah dan mandiri, dan berasal semacam keuntungan dari berbagai bakat alam telah dibedakan dengan rekan-rekannya. Di antara pria, sebaliknya, para jenius yang paling berbeda adalah penggunaan satu sama lain; yang berbeda menghasilkan bakat masing-masing, dengan disposisi umum untuk truk, barter, dan pertukaran, yang dibawa, karena itu, menjadi saham biasa, di mana setiap orang dapat membeli apa pun bagian dari hasil bakat orang lain, untuk dimiliknya.

Kembali Halaman 1

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.