Efek SEO Untuk Sebuah Blog; Sebuah Pembelajaran

Efek SEO Untuk Sebuah Blog; Sebuah Pembelajaran

Efek SEO Untuk Sebuah Blog, Sebuah Pembelajaran; Di email saya ada beberapa situs yang menawarkan untuk meningkatkan trafik melalui Search Engine Optimation atau SEO. Tentu tidak gratis, berbalut promosi di laman gmail tersebut beberapa situs menerapkan harga yang cukup lumayan bagi para blogger pemula. Apalagi blog yang dibangun bukanlah blog bisnis online, artinya blog yang menjual tulisannya atau konten untuk dibaca bukan blog yang menjual barang untuk dijual.

Bagi para blogger yang mengutamakan konten sebagai lahan jualannya, tentu hal tersebut memberatkan. Ibaratnya, masih belajar untuk menghasilkan uang dengan konten yang ia buat, bukan mengeluarkan uang untuk menjual kontennya. Artinya, ini adalah sebuah rintisan, bagaimana mengelola sebuah blog yang menghasilkan dan menjadi pundi-pundi yang menghasilkan kelak.

Baca Juga: Pelajaran SEO dari Pengalaman

Mengeluarkan uang untuk sesuatu hal yang masih dibangun dalam dunia blogging membuat para blogger pemula berpikir 10 kali. Hehe.. mungkin juga cuma saya yang berpikiran seperti itu, rugi rasanya mengeluarkan kocek sendiri untuk meningkatkan trafik. Lalu mau tak mau pada akhirnya mempelajari SEO adalah jalan yang harus dituju. Begitu pentingkah mempelajarinya?

Awalnya saya menganggap itu tidak penting, karena idealitas saya dalam menulis. Saya ingin menulis secara bebas tanpa didikte oleh aturan harus SEO atau tidak. Begitu pada awalnya. Namun, yang terjadi setelah kecanduan ngeblog, saya justru kelimpungan ketika trafik blog tidak juga beranjak dari 1000 tayang per hari. Sebenarnya apa yang terjadi dari blog ini? Bukannya semakin banyak konten justru akan semakin meningkatkan trafik blog? Mengapa saya harus dipusingkan dengan trafik?

Baca Juga: Asyiknya Blogging: SEO yang Menantang

Jawabannya karena blog ini kontennya banyak yang tidak bersaing pada page one google dan trafik menjadi penting bagi saya ketika saya memasang google adsense pada blog ini. Bagaimana akan meningkatkan pendapatan jika pageview-nya stagnan. Tentu saya harus mengubah strategi bagaimana caranya agar blog saya sangat akrab dengan SEO dan sebagian besar kontennya mampu bersaing di page one google.

Oleh sebab itu, SEO sangat memiliki efek yang signifikan bagi sebuah blog. Ini terbukti dengan blog saya yang satu lagi, dengan hanya mengandalkan 30 artikel tapi tayangan tiap harinya mampu mencapai lebih dari 100 tayangan, bahkan pernah mencapai 180 tayangan. Blog itu jarang saya update, bisa dibilang sebulan sekali.

Baca Juga: Bangun Kekuatan Konten Blog

Kesimpulannya, SEO memiliki efek bagi blog yakni sangat efektif dan efisien. Efiktifitas dan efisiensi inilah yang dicari, tanpa membutuhkan biaya yang lebih, tanpa membutuhkan waktu yang lama, blog mampu mendapatkan trafik yang tinggi. Dampaknya, meningkatnya pendapatan sebuah blog, jika kita bertujuan untuk mendapatkan uang melalui blog.

Akan berbeda jika ngeblog dengan tujuan iseng, maka adanya trafik yang tinggi atau tidak itu bukanlah sebuah masalah. Yang jadi masalah adalah ketika blog dipasangi adsense dan tidak memiliki trafik. Tentu akan sangat membanggakan bagi seorang blogger ketika tulisannya mampu bersaing di page one dan menjadi rujukan bagi orang lain. Siapa si yang tidak bangga ketika tulisannya dijadikan referensi bagi orang lain?

Baca Juga: Mencari Uang Dengan Blog

Itulah beberapa efek SEO bagi sebuah blog yang saya pahami selama ini, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi para blogger yang sedang atau ingin mempelajari kenapa SEO begitu penting bagi blog.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.