Kartu ATM BCA Tertelan/ Tertahan di Mesin ATM

Pada hari sabtu (11/06) kemarin ATM BCA saya tertelan/tertahan/nyangkut di ATM BCA wilayah Metro. Pada saat penarikan uang dan menunggu proses uang keluar dan ATM secara otomatis keluar tetapi tidak secara full. Kartu ATM tersangkut dan hanya 1/5 kartu yang terlihat dan uang yang saya tarik juga tidak keluar. Terus terang saya menjadi panik dan bingung karena tidak ada petugas yang berjaga apalagi hari tersebut adalah hari libur kerja bank dan lokasi ATM yang berada di pertokoan. Pertanyaannya, bagaimana jika nanti ada yang memanfaatkan kartu ATM saya tersebut jika tak ada solusinya atau penjaga yang memblokirnya?


Kartu ATM BCA Tertelan/ Tertahan di Mesin ATM
Foto Ilustrasi, Sumber: bca.co.id

Ketika saya hubungi melalui saluran telpon dengan nomor yang disediakan, tiba-tiba saja seorang tante menjawabnya dengan mengatakan “maaf pulsa anda tidak cukup untuk melakukan panggilan ini”. Ditengah kepanikan tersebut Tukang Parkir nyeletuk, “tarik aja pak pakai tang, toh Kartu ATM nya masih nongol sedikit”. Entah kenapa saya langsung setuju dengan ide si Tukang Parkir, dan yang terjadi dengan sekuat tenaga saya menarik Kartu ATM dengan tang bukannya tertarik keluar malahan kartu tersebut menjadi koyak/sompal.

Habis ide, saya langsung email halobca@bca.co.id dan melaporkan bahwa kartu ATM saya tertelan dan langsung saya mendapatkan jawaban dari adminnya sebagai berikut:
Kepada Yth.
Bapak/Ibu
Sehubungan dengan email yang Bapak/Ibu sampaikan, terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu telah menjadi nasabah PT Bank Central Asia Tbk dan telah menghubungi kami melalui layanan email korespondensi halobca@bca.co.id
Saya dengan Rina dengan senang hati akan menjelaskan informasi yang Bapak/Ibu sampaikan.
Berkenaan dengan perihal tersebut kami informasikan bahwa kami telah menerima email Bapak/Ibu kirimkan pada hari ini tanggal 11 Juni 2016 perihal ATM tertahan. Untuk kartu ATM tertahan untuk keamanan kami sarankan Bapak/Ibu menghubungi Halo BCA untuk melakukan proses pemblokiran dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai prosedur pengurusan kartu ATM tertahan. Namun apabila Bapak/Ibu mengalami kesulitan menghubungi Halo BCA, mohon kesediaan Bapak/Ibu menginformasikan:
– Nomor telepon yang dapat dihubungi.
Kami informasikan apabila Kartu ATM BCA tertahan di dalam Pertokoan, Perkantoran, Kampus atau Rumah sakit (area Jadetabek).
Jika kartu ATM  yang tertahan di dalam pertokoan / perkantoran / kampus / Rumah Sakit atau di luar lokasi cabang (area Jadetabek), maka kartu ATM akan di hancurkan. Kami sarankan Bapak/Ibu datang ke cabang terdekat untuk memastikan apakah kartunya telah teregister sebagai kartu tertahan sehingga dapat segera melakukan penggantian kartu ATM baru. Penggantian kartu ATM (instant) dapat dilakukan pada hari yang sama dan tanpa biaya apabila kartu ATM sudah teregister sebagai kartu tertahan dengan membawa:
•           Kartu Identitas/KTP
•           Buku Tabungan
Akan tetapi jika tidak teregister sebagai kartu tertahan, Bapak/Ibu akan dikenakan biaya pergantian kartu ATM sesuai dengan jenis kartu ATM yang hilang atau Bapak/Ibu bisa menunggu maksimal 5 hari kerja setelah kartu ATM tertahan jika ingin melakukan pengecekan kembali.
Jika terdapat perubahan data pada rekening,  pergantian kartu ATM yang tertahan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan membawa:
•           Kartu Identitas/KTP
•           Buku Tabungan
Bila Kartu ATM BCA tertahan di dalam cabang BCA (berlaku nasional)
– Dalam cabang BCA Bapak/Ibu datang ke cabang yang bersangkutan untuk memastikan apakah kartu ATM nasabah tersebut telah teregister sebagai kartu tertahan. Jika teregister sebagai kartu ATM yang tertahan, Bapak/Ibu dapat mengambil kartu ATM yang tertahan dengan membawa dokumen berupa :
–           Kartu Identitas/KTP
–           Buku tabungan
Namun jika tidak teregister sebagai kartu tertahan, penggantian kartu ATM yang baru (instant) dapat dilakukan pada hari yang sama namun Bapak akan dikenakan biaya pergantian kartu ATM sesuai dengan jenis kartu ATM yang hilang atau Bapak dapat menunggu maksimal 5 hari kerja setelah kartu ATM tertahan untuk pengecekan kembali.  Jika terdapat perubahan data pada rekening,  pergantian kartu ATM yang tertahan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan membawa:
–           Kartu Identitas/KTP
–           Buku tabungan
Kartu ATM BCA tertahan di luar Kantor Cabang BCA (di luar area Jadetabek)
Jika kartu ATM Bapak/Ibu tertahan di luar kantor Cabang BCA (di luar area Jadetabek)  maka kami sarankan kepada Bapak/Ibu untuk mengambil kartu ATM yang tertahan dicabang koordinator maksimal 5 hari kerja sejak kartu ATM tertahan dengan membawa:
–           Kartu Identitas/KTP
–           Buku tabungan
Bapak/Ibu juga bisa datang ke Cabang BCA terdekat untuk melakukan pengecekan kartu ATM  tertahan maksimal 5 hari kerja.  Jika Kartu ATM tersebut teregister sebagai kartu tertahan maka penggantian kartu ATM tidak akan dikenakan biaya akan tetapi jika tidak teregister sebagai kartu ATM tertahan maka dikenakan biaya pergantian kartu ATM sesuai dengan jenis kartu ATM yang hilang. 
Jika terdapat perubahan data pada rekening, pergantian kartu ATM yang tertahan dapat dilakukan di cabang asal buka rekening dengan membawa:
–           Kartu Identitas/KTP
–           Buku tabungan
Kami informasikan pula bahwa saat ini sudah dilakukan implementasi awal untuk kartu tertahan pada mesin ATM dan ANT merek Wincor dan Hyosung. Kartu yang tertahan di mesin ATM BCA otomatis akan diblokir sehingga delivery channel Mobile Banking dan KlikBCA Individu juga ikut terblokir. Apabila Bapak/Ibu ingin menggunakan fasilitas delivery channelnya, maka dapat menghubungi Halo BCA atau cabang BCA terdekat.
Berikut jenis kartu tertahan yang terblokir otomatis secara sistem adalah sebagai berikut :
1. Kartu Paspor
2. Kartu Tapres
3. Kartu BCA Dollar
4. Kartu Tabunganku
5. Kartu Xpresi
Dapat kami informasikan pula, saat kartu tertahan, mesin ATM/ANT BCA akan mencetak struk yang berisikan informasi WSID, tanggal dan jam kartu tertahan serta nomor kartu tertahan. Struk hanya akan dicetak untuk kartu yang tertahan karena tersangkut di mesin dan atas instruksi dari bank penerbit kartu terkait dengan status kartu hilang, dicuri, atau terindikasi fraud.
Saat ini kami sedang melakukan survei kepuasan pelanggan, mohon partisipasi Bapak/Ibu dalam survei tersebut. Mohon kesediaan Bapak/Ibu menyampaikan nomor handphone yang dapat dihubungi dan menjawab pertanyaan petugas kami yang akan menghubungi Bapak/Ibu.
Apabila masih ada hal-hal lain yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu dapat menghubungi Contact Center Officer Halo BCA – layanan 24 jam melalui telepon dengan nomor 1500888 atau +62 21 500888 (dari luar negeri), Email koresponden halobca@bca.co.idakun twitter @halobca, Customer Service Officer kami di cabang BCA terdekat pada jam kerja atau kunjungi website kami di www.bca.co.id atau www.klikbca.com.
Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Salam Hormat,
11 Juni 2016
Rina
Staff Email Korespondensi
Halo BCA
Tak lama kemudian (kurang lebih lima belas menit) datanglah petugas ATM BCA, ternyata mereka punya sistem deteksi dari card reader yang mereka miliki bahwa jika ada kartu yang tertahan di mesin ATM mereka. Sembari ngobrol dengan petugasnya dan mesin ATM di buka, al hasil kartu saya dalam kondisi retak dan tak bisa lagi di pakai.

Sesuai dengan prosedur yang ada, maka kartu ATM saya dihancurkan di mesin tersebut. Mereka juga punya standar bahwa bisa saja saya orang yang mengaku-aku bahwa itu kartu saya walaupun ada kamera CCTV, tapi karena prosedur dan memang harus dijalankan saya harus merelakan kartu tersebut di hancurkan.

Saran dari petugas agar saya mengurusnya pada hari kerja dan meminta pembuatan ATM baru dengan syarat-syarat yang telah disampaikan pada email tersebut diatas. Itulah pengalaman saya, dan juga mungkin pernah atau belum terjadi pada teman-teman bahwa prosedural yang terjadi memang demikian dan kita tidak serta merta harus panik dan harus memastikan bahwa kartu kita telah diblokir agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

2 Comments

  1. Haha.. namanya juga lagi butuh, sayang juga kalau melayang karena nggak tau prosedurnya.. tapi untung petugasnya dateng dan langsung blokir..

  2. Kalau duit nya banyak iya gpp kayak gitu. Tapi kalau duit nya dikit biarin aja di telan atm lalu tinggal laporan di cabang bca terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.