Manfaat Kewirausahaan Terutama Bagi Diri Sendiri

Manfaat Kewirausahaan Terutama Bagi Diri Sendiri. Banyak orang berpikir dan berkeinginan untuk menjadi wirausahawan, namun banyak juga yang hanya mentok pada sebatas keinginan dan hanya dalam pikiran dan angan-angan. Menjadi wirausahawan tidak terbatas hanya pada keinginan semata namun juga dilandasi oleh tekad dan kemauan yang keras.

Orang-orang yang sukses berwirausaha adalah orang-orang yang tahan terhadap ujian. Pahit dan getir telah mereka lalui sehingga pada saatnya nanti mereka menikmati apa yang telah mereka lakukan. Banyak orang yang hanya melihat dari segi keberhasilan saja tanpa melihat bagaimana orang-orang sukes itu berproses dan menemukan dirinya saat ini.

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough dalam bukunya Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil (Edisi Bahasa Indonesia) membedakan antara Wirausahawan dan Manajer Konvensional. Menurut mereka Wirausahawan memandang aturan hanya sebagai petunjuk, konsep masa depan berdasarkan pada angan-angan, tidak jelas dalam pengendalian, keberhasilan dan tanggung jawab. Dapat bersifat manipulatif dan eksploitatif terhadap orang lain. Tidak sabar dengan diskusi dan teori. Cepat bertindak dan menuruti kata hati.

Baca Juga: Pengertian Wirausaha, Wirausahawan atau Wiraswasta dan karakteristiknya

Sedangkan Manajer Konvensional sangat sadar akan aturan dan larangan, peka terhadap masa depan dan bersedia menunda imbalan, memiliki keingingan kuat untuk diterima dan mampu mengidentifikasi masalah dalam segala arah tindakannya. Membuat perencanaan rinci.

Lebih lanjut, Zimmerer dan Scarborough menyatakan bahwa penelitian menunjukkan para pemilik bisnis kecil percaya bahwa bila mereka bekerja lebih keras, mereka akan menghasilkan lebih banyak uang, dan akan lebih berbahagia daripada bekerja di perusahaan besar. Sebelum mendirian bisnis, setiap calon wirausahawan harus mempertimbangkan manfaat menjadi pemilik bisnis.

Baca Juga: Kata Pengantar General of Theory Keynes

Ini merupakan rambu-rambu bagi kita semua jika ingin mendirikan sebuah bisnis. Manfaat kewirausahaan yang telah dituliskan oleh Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough merupakan petunjuk dan motivasi bagi siapa saja yang ingin mengembangkan dirinya dalam kewirausahaan yang tidak mampu untuk dijalankan semua orang. Orang-orang yang menempa dirinya menjadi wirausahawanlah yang akan selalu menang pada medan tempur dan juang.

Sebagai bekal untuk terjun menjadi wirausahawan ada baiknya kita mengetahui apa manfaat kewirausahaan terutama untuk diri sendiri. Zimmerer dan Scarborough mencatata bahwa beberapa manfaat dari kewirausahaan adalah sebagai berikut:

Peluang untuk mengendalikan nasib bagi diri sendiri

Memiliki bisnis memberikan kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang penting baginya. Para wirausahawan ingin menjadi pemberi aba-aba dalam hidup mereka, dan menggunakan bisnisnya untuk mewujudkan keinginannya dalam hidup mereka meraih kepuaasan pribadi dengan menyadari bahwa mereka sendirilah daya dorong di balik bisnis mereka.

Sebagai manusia kitalah yang menentukan nasib kita sendiri. Dengan kebebasan yang ada, kita tidak menurut pada aturan yang dibuat oleh orang lain. Artinya bisnis yang dijalankan bergantung pada bagaimana diri kita membangun bisnis itu menjadi apa yang kita inginkan, dan seberapa besar usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan.

Kesempatan melakukan perubahan

Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena mereka melihat kesempatan untuk membuat perubahan yang menurut mereka penting. Mungkin berupa keinginan menyediakan perumahan murah yang layak untuk para keluarga di negara sedang berkembang atau mendirian program daur ulang untuk melestarikan sumber daya bumi yang terbatas, para wirausahawan kini menemukan cara untuk mengkombinasikan keprihatinan mereka terhadap masalah-masalah sosial dengan keinginan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Kekurangan Menjadi Wirausaha, Wirausahawan atau Wiraswasta

Selain menentukan nasib sendiri, menjadi wirausahawan adalah upaya kita untuk melakukan perubahan. Perubahan yang dilakukan tentu saja erat kaitannya dengan penghidupan yang kita jalani. Banyak hal di dunia ini yang sangat berpotensi untuk dilakukan perubahan, tentunya perubahan yang menuju kearah yang lebih baik. Kita tentu tidak menyukai situasi yang stagnan dan cenderung membuat hidup mundur kebelakang. Maju kedepan dan lakukan perubahan.

Peluang untuk menggunakan potensi dengan sepenuhnya

Terlalu banyak orang yang mendapatkan bahwa pekerjaan mereka membosankan, tidak menantang, dan tidak menarik. Tetapi pada kebanyakan wirausahawan tidak banyak perbedaan antara kerja dan bermain; keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki wirausahawan merupakan alat utuk pernyataan dan aktualisasi diri.

Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas

Meskipun uang bukan daya dorong utama wirausahawan, keuntungan dari bisnis mereka penting sebagai faktor motivasi dalam memutuskan pendirian bisnis. Memiliki perusahaan milik sendiri selalu merupakan cara terbaik untuk menciptakan kekayaan. Dan meskipun anda tidak menjadi kaya dengan melakukannya, anda tetap akan memperoleh lebih banyak kesenangan.

Peluang untuk berperan untuk masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha anda

Sering, pemilik bisnis kecil merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan paling dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati adalah ciri perusahaan kecil. Pemilik menyukai kepercayaan danpengakuan yang diterima dari pelangan yang telah dilayani dengan setia bertahun-tahun. peranpenting yang dimainkan dalam sistem bisnis di lingkungan setempat dan pengetahuan bahwa kerja mereka memiliki dampak nyata dalam melancarkan fungsi ekonomi nasional adalah imbalan bagi manajer bisnis kecil.

Dalam hal ini kita bisa melihat bagaimana UMKM tumbuh pesat di negara kita. Dan UMKM diakui sebagai pilar ekonomi Indonesia. Disaat krisis moneter terjadi pada tahun 1998, dimana banyak perusahaan besar yang kolaps, tetapi sektor UMKM mampu bertahan dari krisis. Inilah yang menopang perekonomian Indonesia sehingga kita mampu bertahan dan tetap tumbuh.

Peluang melakukan sesuatu yang anda sukai

Yang umum dirasakan para pemilik binis kecil adalah bahwa kegiatan kerja mereka sesungguhnya bukanlah kerja. Kebanyakan wirausahawan yang erhasil memilih masuk dalam bisnis tertentu, sebab mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. Mereka membuat kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya.

Ada yang mengatakan bagaimana jika hobi itu menghasilkan. Sudah dapat kesenangan dapat keuntungan berupa materi pula. Mungkin hal ini adalah dambaan setiap orang. Bagaimana kita hobi memancing dengan membuka usaha pemancingan dan juga bisa melakukannya dengan apa yang dilakukan dan disiarkan televisi seperti sebuah acara Mancing Mania. Ini adalah hobi yang menghasilkan. Bisnis-bisnis seperti ini saya rasa akan lebih eksis dari pada kita melakukan sesuatu diluar dari kemampuan dan sesuatu yang tidak kita senangi.

Penutup

Itulah beberapa hal manfaat kewirausahaan terutama bagi diri kita sendiri. Ada banyak alasan lainnya yang bisa kita tambahkan dalam daftar manfaat. Namun saya membatasi pada apa yang dikatakan oleh Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough dalam bukunya Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil (Edisi Bahasa Indonesia).

Recommended For You

About the Author: Aksi ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.