Memulai Ngeblog Dengan Blogger (Blogspot)

Menjadi Blogger Profesional Dengan Mengembangkan Hobi, Minat dan Bakat

Memulai Ngeblog Dengan Blogger (Blogspot). Blogger, merupakan platform blogging yang di-host oleh Google, dan ini adalah platform ngeblog yang gratis. Free blog hosting, dan kita masih bisa menghasilkan uang dari situ (faktanya tidak sedikit orang-orang telah barhasil memanfaatkan ruang ini untuk menjadi tempat bisnis mereka.

Blog yang sangat besar akhirnya dapat beralih ke platform lain, seperti WordPress atau Moveable Type, di mana mereka memiliki kontrol lebih terhadap pilihan dan jaringan iklan.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Sukses 

Blog besar suka dihosting di platform terpisah karena mereka memiliki kontrol lebih. Platform hosting besar itu cukup mahal harganya. Bagi pemula yang sedang memulai seperti saya dahulu, cukup dengan yang gratis. Jika ada cukup dana, bisa menggunakan self hosting.

Domain Khusus

Tidak ada yang bisa menghentikan seseorang jika sudah kebelet untuk memulai ngeblog dan memanfaatkan platform gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan semua uang Anda untuk biaya hosting. Posting blog Anda yang diarsipkan dapat dipindahkan ke manapun Anda perlu memindahkannya.

Seperti yang dikatakan oleh para webmaster, hambatan yang membuat banyak orang memulai ngeblog di Blogger sebenarnya adalah kesalahpahaman.

Menurut para master mereka pernah mendengar banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak ingin menggunakan platform ini karena mereka tahu Blogger tidak membiarkan Anda menggunakan URL Anda sendiri.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Ternyata, Blogger telah mengizinkan URL khusus untuk beberapa waktu, dan saat ini mereka berintegrasi dengan Google Domain untuk registrasi domain yang mudah saat Anda membuat blog Anda.

Jika Anda mendaftarkan blog Anda dari awal hari ini, Anda akan melalui sebuah dialog yang menanyakan apakah Anda ingin membuat domain. Jika Anda mengedit blog yang ada, masuk ke Settings: Basic dan pilih + Add a custom domain.

Anda bisa menambahkan add domain yang ada yang sudah Anda daftarkan atau daftarkan hak domain baru. Ini benar-benar pilihan yang lebih baik. Biaya hanya $ 12 dan cukup mudah. Pembayaran melalui Google Play.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog Selain Dari Iklan atau Adsense

“Itu dia. Free hosting, iklan yang berpotensi menghasilkan uang (jika ingin ditampilkan), dan registrasi domain murah. Semua ini membuat Blogger sangat menarik bagi blogger baru yang cerdas,” kata Blogger dari luar negeri yang pernah saya baca

Menyesuaikan Penampilan

Blogger biasa memaksa blog Anda untuk menampilkan Navbar Blogger yang menyatukan semua Blogger. Anda bisa menghapusnya dengan beberapa pengaturan tweak, tapi navbar tidak lagi tampil di Blogger. Anda bisa memilih antara beberapa template default, atau Anda bisa mengupload template Anda sendiri.

Blogger memang tidak sepopuler platform WordPress, jadi tidak banyak pilihan, namun Anda masih bisa menemukan berbagai macam template gratis dan berbayar yang tersedia untuk menyesuaikan tampilan sebuah blog.

Baca Juga: Selalu Ditolak Google Adsense? Lakukan 12 Hal Ini Agar Permohonan Menjadi Publisher Google Adsense Diterima

Anda selanjutnya dapat menyesuaikan blog Anda dengan gadget (setara dengan widget WordPress). Google menawarkan banyak pilihan gadget, dan jika Anda memiliki keahlian, Anda dapat membuat dan mengunggah gadget Anda sendiri.

Pohon Uang

Blogger dapat mengintegrasikan iklan AdSense dengan mudah. Anda juga dapat mengerjakan kesepakatan dengan dukungan berbayar dan strategi monetisasi lainnya.

Pastikan untuk mematuhi persyaratan layanan Google untuk Blogger dan AdSense (jika Anda menggunakannya). Bisa dibaca bagaimana caranya agar diterima menjadi publisher adsense di postingan sebelumnya.

Baca Juga: Mendaftar Google Adsense Itu Mudah, Ikuti Langkah-langkah ini

Banyak juga para suhu yang hanya menggunakan platform blogger, namun sukses dan menghasilkan uang.

Sebetulnya, persoalan memiliki domain atau tidak bisa dikatakan persoalan gengsi. Ada yang gengsi ketika tidak menggunakan domain khusus. Namun,lagi-lagi bisa dikatakan itu permasalahan strategi selanjutnya. Jika kita memiliki biaya lebih, hal itu bisa diatur.

Baca Juga: Mencari Uang dengan Blog

Tetapi yang paling penting adalah niat, apakah benar-benar berniat untuk ngeblog atau tidak. Kemudian, tetapkan tujuan yang sebenarnya dari anda ngeblog.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.