Mencari Uang Dengan Blog

Mencari Uang Dengan Blog ; Blog adalah sarana dalam menyampaikan informasi. Banyak hal yang bisa didapatkan dari blog. Bisa dikatakan blog yang bertebaran saat ini memiliki keunggulan masing-masing, baik ada yang menyampaikan berita-berita unik yang jarang kita dengar dan ada juga yang menyampaikan informasi tentang keilmuan.
Horoskop Cina 2023 tahun kelinci ai...
Horoskop Cina 2023 tahun kelinci air hitam id


Dari beragam kegunaan blog, tidak bisa dipungkiri juga banyak yang menggunakan blog untuk mencari uang (monetisasi). Dari fungsinya yang universal tersebut, blog berevolusi menjadi bagian gaya hidup setiap penggunanya. Banyak kita lihat bagaimana blog memainkan peran dan fungsinya menjadi sarana yang informatif.

Nah, dengan beragam peran dan fungsinya tersebut, blog di monetisasi oleh ownernya dengan beragam cara. Cara menghasilkan uang melalui blog sebenarnya sudah banyak yang menyampaikan, tetapi melalui sarana ini saya rasa tidak salah pula saya menyampaikan beragam cara untuk mendapatkan uang melalui blog. Kita bisa melihat orang-orang yang sukses dengan blog seperti Gani Sebastian (klikmania) Gee Jhon (Portal-Uang) dan Mbak Indri (juragancipir). Apa saja cara-cara mencari uang dengan blog? Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:


Ada banyak publisher adsense yang bisa kita gunakan untuk bergabung seperti Google Adsense, Chitika, Bidvertiser dan produk lokal lainnya seperti kliksaya dan idblognetwork. Untuk bergabung dengan program adsense tersebut memang susah-susah gampang, kita dibayar berdasarkan klik yang dilakukan oleh pengunjung. Dan sebelum bisa menampilkan iklan-iklan dari program adsense tersebut kita harus mendapatkan persetujuan dan masing-masing pihak memiliki kriteria tersendiri untuk disetujui menjadi publisher adsense tersebut. Kebanyakan program adsense yang diikuti adalah PPC (Pay Per Click) dan ini membutuhkan perjalanan yang panjang.

Mencari Uang Dengan Blog


Kita dibayar menjadi publisher adsense tersebut apabila ada iklan yang ditayangkan di klik oleh pengunjung. Dan apabila tidak ada yang mengklik maka kita tidak mendapatkan apa-apa, setidaknya itu yang saya alami, tayangan per hari mencapai 2000an pengunjung namun tak ada klik yang datang dan saya tidak mendapatkan apa-apa, tapi tidak apa, mungkin rezekinya belum diperoleh hari itu.

Program Afiliasi

Terus terang untuk program afiliasi ini saya lakukan sebagai langkah sebelum menjadi publisher google adsense maupun chitika. Ya, dua program itu yang saya ikuti dan saya lebih memilih google adsense dikarenakan chitika lebih berbasis dengan pengunjung yang berasal dari Amerika Serikat dan Canada, sedangkan blog ini saya pasang untuk pengunjung utama adalah dari Indonesia.

Nah kembali ke program afiliasi, untuk memperoleh program afiliasi saya rasa tidak sesulit kita untuk mendapatkan persetujuan menjadi publisher adsense. Program yang saya ikuti seperti Blibli.com, Lazada.co.id  dan zalora id (cj). Setalah kurang lebih sebulan saya memasang ketiga produk tersebut untuk blog saya ini saya belum memperoleh pembayaran sama sekali, karena program afiliasi tersebut berdasarkan pengunjung yang datang ke blog kita kemudian melakukan pembelian produk yang kita pajang dan kita mendapatkan komisi dari pembelian barang tersebut. Inilah yang sulit.

Mencari Uang Dengan Blog
Mengapa sulit, sekarang produk-produk afiliasi tersebut telah menjangkau semua lini, di aplikasi BBM pun saat ini produk-produk tersebut bisa tampil dan kita bisa mengkliknya kapan saja, di facebook, twitter dan lainnya pun demikian. Jadi untuk menjangkau produk-produk tersebut, para pengunjung tak perlu susah-susah untuk datang ke blog kita demi membeli produk mereka. Memang ada beberapa yang sukses di produk afiliasi dan kabarnya mereka melakukan kampanye yang selektif dan tertarget, mereview produk yang dipasarkan dan sebagainya. Hal itu yang tidak saya lakukan, karena fokus pada blog saya bukan jualan produk, tetapi pada konten-konten blog yang sangat tidak relevan dengan produk-produk tersebut. Saya akui kelemahan itu.

Memasang Iklan Independen

Memasang iklan independen di blog kita bagi pihak-pihak yang ingin memasarkan produknya, mungkin lebih sesuai dengan kita jika ingin beriklan di media masa online. Jadi kita menyediakan tempat bagi pihak yang ingin memasang iklan di blog. Dan harga yang ditentukan adalah disesuaikan dengan bagaimana kita bernegosisasi dengan pihak yang ingin memasang iklan di blog kita.

Kita bisa menawarkan kepada pihak-pihak yang kita jadikan rekanan untuk memasang iklan di blog dengan tawaran harian, mingguan ataupun bulanan, tergantung dari nego yang kita peroleh. Saya rasa ini lebih adil. Tapi biasanya pemasang iklan tidak mau rugi jika trafik kita rendah, artinya jika trafik kita tinggi tentu pemasang iklan tersebut akan senang untuk memasang iklannya di blog kita.

Kampanye Politik

Hehe.. mungkin ada yang tertawa ketika saya mengatakan bahwa blog untuk kampanye politik. Saya rasa memang begitulah adanya, apalagi saat ini perkembangan gadget terutama andorid begitu pesat, setiap orang yang bergelut di politik tentu ingin memasarkan dirinya, ingin mengkampanyekan dirinya melalui beragam media tak terkecuali blog. Akan sangat berbeda ketika ia maju dengan blog namanya sendiri dan dengan melalui blog orang lain.

Melalui blog orang lain saya rasa lebih memiliki pengakuan dan terkesan tidak narsis. Memasarkan diri melalui blog orang lain akan memberikan kesan bahwa si aktor ingin tampil dan memang begitu adanya sehingga ia diakui oleh publik. Para tokoh politik juga butuh sarana untuk memasarkan dirinya, dan kita sebagai blogger juga bisa memberikan ruang iklan untuk mereka.

Blog Competition

Ada banyak sekali perlombaan yang bisa kita ikuti. Seperti kontes SEO yang diadakan oleh lembaga-lembaga negara, swasta dan komunitas blog. Selain itu juga lomba tulisan yang sudah di publish di blog juga sering diadakan.

Tetapi informasi itu tidak akan sampai kalau kita tidak mencari informasinya. Terkadang kita harus rajin mencari informasi. Seperti yang saya lakukan ketika saya mencari siapa tau ada informasi tetang Blog Competition.. Eh tiba-tiba saja ada info kalau pertamina sedang mengadakan Blog Competition dengan tema: Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan , jadi siap tidak siap kita harus menguji apakah blog dan pengalaman kita bisa bersaing dengan orang lain.

Blog Competition menyediakan hadiah yang beragam. Ada uang, sertifikat dan macam-macamnya. Tinggal kita pilih mau ikut yang mana. Siapa tau masih rezeki dan kita mendapatkan hadiahnya.. Amiin..

Demikianlah artikel mencari uang dengan blog, mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi siapa saja yang membaca dan ingin mempraktekannya.. amiin..

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.