Mengapa Iklan Tidak Tampil Di Video Youtube?

Mengapa Iklan Tidak Tampil Di Video Youtube?

Mengapa Iklan Tidak Tampil Di Video Youtube? Bagi para Youtuber sebelum April 2017 akan sangat mudah membuat channel dan menampilkan iklan di video yang diupload. Tetapi sejak tanggal 6 April 2017, youtube memiliki kebijakan baru yakni channel yang memiliki tayangan kurang dari 10.000 tayangan tidak akan ditayangkan iklan di video.

Belum genap 1 tahun Youtube talah mengubah peraturan terbarunya terkait monetisasi di kanal Youtube. Youtube telah menetapkan syarat minimum untuk bisa dimonetisasi adalah channel yang memiliki 1000 subscriber dan telah memiliki 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir, sejak tanggal 18 Januari 2018.

Padahal sebelumnya, dari video pertama yang kita upload saja sudah bisa menampilkan iklan dan dimonetisasi dengan mudah. Dengan kebijakan ini, artinya membuat video di channel Youtube untuk dimonetisasi sudah tidak segampang dahulu lagi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Dari Youtube

Pada laman google support dijelasakan bahwa konten yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan tidak akan ditampilkan iklan. Lalu apa saja persyaratan yang harus dihindari agar channel Youtube dapat menampilkan iklan:

Syarat Minimal Monetisasi Youtube

Tentu saja seperti yang dijelaskan di atas, perturan awal Youtube, video pada channel yang memiliki jumlah tayangan kurang dari 10.000 tidak akan bisa menampilkan iklan. Jadi, saluran yang kita miliki minimal harus memiliki 10.000 tayangan baru kemudian iklan-iklan akan ditayangkan di video-video yang kita upload.

Kemudian diperbaharui lagi dengan syarat channel telah memiliki 1000 subscriber dan memiliki 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Semakin berat bukan? Tidak masalah jika tetap bertekad dan sabar.  

Konten Yang Dibatasi

Youtube dikabarkan menghadapi beberapa protes dari para pengiklan mereka karena tidak memiliki batasan dalam menampilkan iklan pada video-video yang tidak layak untuk ditampilkan iklan. Baik juga berupa tanda atas laporan dari pihak-pihak tertentu tentang kelayakan dari sebuah video yang diunggah di Youtube, seperti batasan usia dan juga unsur-unsur lainnya.

Video Dengan Metadata Yang Menyesatkan atau Sensitif

Isu-isu yang berkembang akhir-akhir ini juga menggunakan Youtube sebagai sarana propaganda mereka. Sehingga menyulut kemarahan dari berbagai pihak. Isu-isu sensitif seperti ini memiliki batasan untuk ditampilkan iklan sebab kadang-kadang alat propaganda yang dilakukan juga disisipi oleh kepentingan bisnis.

Sehingga, mengangkat isu-isu sensitif yang memancing orang-orang yang penasaran untuk menyaksikan apa yang diungkap menjadi lahan bisnis tanpa memperhatikan dampak benturan sosial baik vertikal maupun horizontal.

Video Yang Terkena Klaim Pihak Ketiga

Pada permasalahan ini, biasanya terdapat notifikasi jika terdapat klaim pihak ketiga. Saat ini, di Youtube, ada opsi apakah ingin menghapus suara/musik atau video yang terkena klaim pihak ketiga, atau juga bisa dengan opsi untuk berbagi.

Video Yang Menggunakan Konten dari Editor Video Youtube

Sama dengan keterangan sebelumnya, kedua unsur ini sangat jelas. Youtube sangat menjunjung tinggi hak cipta atas kreasi orang lain. Jadi tidak seenak jidad memotong, mengedit dan memutar-mutar sesuatu yang melanggar.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Memang, wilayah yang satu ini sangat rentan sekali untuk dilanggar, apalagi bagi para pemula. Lebih baik menampilkan sesuatu yang memang orginalitas hasil video yang kita buat dari pada mengutak atik hak milik orang lain.

Saluran Telah Dinonaktifkan Untuk Monetisasi

Bagaimana akan menampilkan iklan jika channel telah dinonaktifkan untuk dimonetisasi. Hukuman ini terjadi jika ada pelanggaran yang telah dilakukan. Atau juga pihak Youtube menganggap bahwa saluran yang kita buat memang tidak layak untuk terus bisa dimonetisasi.

Perkara yang satu ini sangatlah berat, sepertinya kerja keras kita untuk mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang menjadi sia-sia. Banyak faktor yang menjadi penyebab demonetisasi, dan itu merupakan pelanggaran yang sangat berat.

Penutup

Itulah beberapa hal yang menyebabkan mengapa iklan tidak muncul di channel Youtube yang telah kita buat. Mudah-mudahan membantu dalam memberikan penjelasan.

Peraturan terbaru Youtube saat ini adalah mereka berhak untuk menyangkan iklan di channel manapun walaupun syarat monetisasi belum tercapai, tetapi pendapatan dari iklan tersebut murni milik Youtube saja dan tidak akan ada opsi berbagi dengan pengelola channel.. hehe.. Namanya juga yang punya lapak, suka-suka dia buat peraturan seperti apa..

Keterangan: Artikel ini telah diperbaharui pada tanggal 26 September 2021.

#penyebab iklan tidak muncul di youtube

#penyebab iklan adsense tidak muncul

#cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul di youtube

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.