Mengenal Adira Finance

Mengenal Adira Finance

RAJOBASO.COM – Siapa yang tidak mengenal Adira Finance atau PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (ADMF). Ya, Adira adalah salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia. Dengan jaringan yang begitu kuat, Adira hadir di hampir setiap Kota di Indonesia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Adira juga merupakan salah satu dari 15 perusahaan pembiayaan yang telah listing di Bursa Efek Indonesia. Adira go public pada tahun 2004, dengan pemegang saham mayoritas adalah Bank Danamon.
 
Saat ini, kepemilikan saham Bank Danamon terhadap Adira telah mencapai 92,07%, yang menjadikan Adira sebagai bagian dari Temasek Holding. Temasek sendiri merupakan perusahaan BUMN milik Singapura.
 
Berdasarkan data Statistik Lembaga Pembiayaan, Kinerja Perusahaan Pembiayaan Terbuka per Juli 2018, tercatat harga saham PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) tertinggi di antara keempat belas Perusahaan Pembiayaan Terbuka lainnya. Pada Juli 2018, Saham Adira dibuka dengan harga Rp 8.325 per lembar.
 
Harga tertinggi pada periode itu mencapai Rp. 8.400, dan terendah pada harga Rp 8.250. Ditutup dengan harga Rp. 8.400 per lembar saham dengan volume sebanyak 175.200.
 
Dilansir dari laman resmi Adira, perusahaan ini pada tahun 2015 mengoperasikan sebanyak 558 jaringan usaha di seluruh Indonesia. Dengan jumlah karyawan lebih dari 21.000 orang. Jumlah konsumen Adira pada tahun tersebut sebanyak 3 juta konsumen dengan jumlah piutang sebesar Rp 40 triliun.
 
Pada tahun 2012, Adira Finance melebarkan ruang lingkup pembiayaan dengan mamasuki sektor Pembiayaan Syariah.
 
Adapun produk yang ditawarkan oleh Adira Finance meliputi pembiayaan Kendaraan Bermotor Roda Dua, Empat, Multiguna, Furnitur dan Elektronik. Baik dari pembiayaan dengan konsep konvensional maupun syariah.
 
Perusahaan ini juga mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai Elemen Bisnis dari tahun ke tahun.
 
Pada 12 September 2018, perusahan ini telah mendapatkan penghargaan The 4th Asean Marketing Summith 2018 Indonesia Champion for Asean 2018, yang diselenggarakan oleh Philip Kotler Center untuk Asean Marketing dan MarkPlus, Inc.
 
23 Agustus 2018, meraih penghargaan sebagai Perusahaan Multifinance Syariah Terbaik tahun 2018 untuk kategori aset di atas Rp500 miliar, dalam acara bertajuk Investor Best Syariah Awards 2018 yang diadakan oleh Majalah Investor.
 
Selain berhasil menyabet gelar tersebut, Adira Finance juga berhasil mendapatkan predikat sebagai Sukuk Terbaik 2018 kategori Sukuk Mudharabah dengan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II Adira Finance Tahap III tahun 2017 Seri B, di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta.
 
3 Agustus 2018, Adira Finance memperoleh peringkat pertama untuk kategori Perusahaan Multifinance – Tbk dengan score 72,30 pada acara Indonesia Enterprise Risk Management Award – II – 2018 (IERMA 2018) yang diselenggarakan oleh Economic Review, di Mawar Ballroom, Balai Kartini Jakarta.
 

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.