Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung

Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung

Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung. Melihat Rusa Timur, salah satu spesies hutan tropis, secara langsung mungkin sebuah keistimewaan tersendiri. Itulah yang dialami jika berkunjung ke penangkaran rusa timur di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman di Kelurahan Sumber Agung, Tanjungkarang Barat, Bandarlampung.

Di areal seluas 1,2 Ha itu, pengunjung bisa melihat 38 ekor Rusa Timur yang hidup seperti di alam bebas. Awalnya, Rusa Timur yang ada di sana berjumlah 24 ekor saat pertama dibuka tahun 2012. Artinya, penangkaran itu bisa dikatakan berhasil.

Rencananya, setelah mencapai generasi keempat, Rusa generasi pertama akan dilepas ke areal Tahura Wan Abdul Rachman yang luasnya sekitar 22.244 ha.

Penangkaran tersebut memang khusus dibuat untuk menjaga populasi Rusa Timur yang sebelumnya hidup bebas di Tahura Wan Abdul Rachman.

Menurut salah satu warga, di tahun 90-an, hewan herbivora itu masih bisa ditemui di areal Tahura. Tetapi belakangan populasinya mulai menghilang.

Penangkaran Rusa di Tahura (Taman H...
Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman Bandar Lampung

Di tempat penangkaran, kawanan Rusa diberi makan secara rutin berupa rumput. Selain itu, Rusa juga bisa bebas berkeliaran di dalam areal penangkaran yang di dalam nya juga mengalir sungai kecil untuk minum kawanan Rusa.

Para pengunjung bebas menyaksikan dari dekat aktifitas kawanan Rusa karena hewan tersebut tampaknya sudah akrab dengan kehadiran manusia.

Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung
Salah satu spesies anggrek di Tahura, Bandar Lampung

Di areal penangkaran, pengunjung bisa bebas berkeliling atau bersantai di taman-taman yang sudah disediakan oleh pengelola penangkaran Rusa. Bisa juga menyaksikan keindahan tanaman anggrek yang juga dikembangkan di area tersebut.

Suasana sejuk khas alam terbuka akan membuat siapa saja ingin berlama-lama singgah di sana.

Penangkaran Rusa di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung
Suasana Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung

Menuju ke areal penangkaran bukan sesuatu yang sulit. Lokasinya di pinggiran Kota Bandarlampung sebelah utara. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari pusat kota.

Pengunjung pun tidak dipungut biaya jika datang ke areal penangkaran. Hanya saja, diwajibkan menjaga kebersihan di sekitar areal dan dilarang memberikan makanan apapun kepada rusa yang dikembangbiakan.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.