Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Pada tahun 1494 seorang berkebangsaan Italia bernama Luca Pacioli menerbitkan buku dengan judul Summa de Arithmetica, Geometria, Proportioni Et Proportionalita (Segala Sesuatu Tentang Aritmatika, Geometri dan Proporsi).
 
Buku tersebut terbagi atas 5 bagian yang banyak membahas tentang ilmu matematika. Salah satu bab di dalamnya membahas tentang pembukuan yang menekankan pada sistem pencatatan yang terjadi di Venice lebih dari 200 tahun sebelumnya dan masih digunakan pada masa itu, dan dikenal dengan nama metode Venice (Adnan dan Labatjo, 2006) .

Baca Juga: 
1. Akuntansi: Perspektif Rasa dan Batin
2. Perusahaan Asuransi Berdasarkan Tinjauan Pustaka
3. Perkembangan Industri Asuransi di Indonesia
4. Telaah Literatur Penganggaran Daerah
5. Akuntabilitas dalam Penatausahaan Barang Milik Negara
 
Melalui buku tersebut Pacioli dianggap sebagai orang pertama yang menggagas sistem tata buku berpasangan (double entry bookkeeping), sebuah sistem baru dan dianggap sebagai revolusi dalam seni pencatatan dalam bidang ekonomi dan bisnis.
 
Hendriksen (2000) menyatakan bahwa jurnal yang dibuat Pacioli sudah mirip dengan yang digunakan sekarang. Debit dicatat di sebelah kiri (disebut dengan istilah deve dere atau debere) dan kredit di sisi kanan (disebut dengan deve avare atau creed). Dalam berbagai literatur Pacioli kemudian disebut sebagai “Bapak Akuntansi”.
 

Pengertian Akuntansi

 
Pengertian Akuntansi Menurut Kieso. Akuntansi bisa didefenisikan secara tepat dengan menjelaskan tiga karakteristik penting dari akuntansi: (1) pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepentingan. Karakteristik-karakteristik ini telah dipakai untuk menjelaskan akuntansi selama berates-ratus tahun.
 
Pengertian Akuntansi Menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA). Akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.
 
Pengertian Akuntansi Menurut Warren dkk. Secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.
 
Pengertian Akuntansi Menurut American Accounting Association. Akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
 
Pengertian Akuntansi Menurut Sumarso S.R. Akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien.
 
Pengertian Akuntansi menurut Accounting Principle Board Statemen Nomor 4. Akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitas umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih diantara beberapa alternatif.
 
Sofyan Syafri Harahap dalam bukunya Teori Akuntansi (1993,2)memberikan kepanjangan kata Akuntansi sebagai berikut:
A, ANGKA
K, KEPUTUSAN
U, UANG
N, NILAI
T, TRANSAKSI/ TJATATAN
A, ANALISA
N, NETRAL
S, SENI
I, INFORMASI
 
Kata-kata ini dapat menjelaskan sendiri apa arti akuntansi itu ditinjau dari berbagai sudut. Akuntansi itu memberikan informasi kuantitatif (Angka), ia memberikan informasi untuk dipakai dalam proses pengembalian keputusan (Keputusan), ia hanya mencatat yang berdampak moneter dan dinilai (Nilai) dengan nilai uang (Uang), ia hanya mencatat transaksi (Transaksi) yang terjadi dalam perusahaan, akuntansi juga merupakan bahan untuk dianalisis (Analisa), ia netral (Netral) tidak memihak kepada pemakai laporan siapa-siapa, ia seni karena memerlukan berbagai pertimbangan dan keahlian khusus yang bersifat subjektif (Seni), dan dia merupakan sistem informasi (Informasi).
 
Menurut Suwardjono dalam bukunya Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan edisi ketiga (2008, 9), tidak ada defenisi autoritatif yang cukup umum untuk menjelaskan apa sebenarnya akuntansi itu. Oleh karena itu, banyak defenisi yang diajukan oleh para ahli atau buku teks tentang pengertian akuntansi.
 
Akuntansi didefenisi sebagai seperangkat pengetahuan karena wilayah materi dan kegiatan cukup luas dan dalam serta telah membentuk kesatuan pengetahuan yang terdokumentasi secara sistematis dalam bentuk literature akuntansi. Kesatuan pengetahuan tersebut dapat diajarkan dan dipelajari untuk mendapatkan kompetensi yang menjadi basis atau persyaratan suatu profesi.
 
 
Daftar Pustaka:
Akuntansi Islam, Dr. Sofyan Syafri Harahap, M.S.Ac, Bumi Aksara, 2004.
Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan edisi ketiga, Suwardjono, BPFE Yogyakarta, 2008.
Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Warno, Deepublish, 2014
Akuntansi Perbankan Syariah, Teori dan Praktik Kontemporer, Rizal Yaya, Aji Erlangga Martawireja, Ahim Abdurahim, Penerbit Salemba Empat, 2018.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.