Pengertian Wirausaha, Wirausahawan atau Wiraswasta dan karakteristiknya

Pengertian Wirausaha, Wirausahawan atau Wiraswasta. Sudah sering kita mendengar kata-kata tentang wirausaha, wirausahawan atau wiraswasta. Namun secara umum kita sudah mengetahui bahwa mereka bukanlah karyawan atau pegawai yang bekerja pada perusahaan atau instansi pemerintahan.
 

Menurut Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough dalam bukunya yang berjudul Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil (Edisi Bahasa Indonesia) disebutkan bahwa seorang wirausahawan adalah seorang yang mencipatakan sebuah bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mereka adalah orang-orang yang menciptakan bisnis dan berani mengambil resiko dan ketidakpastian. Berbeda dengan karyawan dan pegawai yang dapat dipastikan besaran pendapatan yang akan mereka terima dari usaha dan jasa mereka sebagai pekerja pada sebuah perusahaan. Tenaga, pikiran dan segala usaha mereka diganjar dengan gaji sesuai dengan posisi dan tanggung jawab yang diemban.
 
Dalam pandangan Zimmerer dan Scarborough bahwa banyak peneliti telah menghabiskan waktu dan usaha dalam dasawarsa terakhir ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kepribadian wirausahawan, walaupun penelitan ini berhasil mengidentifikasi beberapa karakteristik yang cenderung terlihat pada wirausahawan tidak ada satupun dari kajian ini yang berhasil memisahkan ciri-ciri ini yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan. Kita sekarang sampai pada rangkuman ringkasan mengenai profil wirausahawan.


Menyukai tanggung jawab. Wirausahawan merasa bertanggung jawab secara pribadi atas hasil perusahaan tempat mereka terlibat. Mereka lebih menyukai dapat mengendalikan sumber-sumber daya mereka sendiri dan menggunakan sumber-sumber daya tersebut untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan sendiri.
 
Lebih menyukai resiko menengah. Wirausahawan bukanlah seorang pengambil resiko liar, melainkan seorang yang mengambil resiko yang diperhitungkan. Tidak seperti penjudi, wirausahwan jarang berjudi. Wirausahawan melihat sebuah bisnis dengan tingkat pemahaman resiko pribadinya. Cita-cita mungkin tampak tinggi- bahkan mustahil dicapai- menurut persepsi orang lain, tetapi wirausahawan melihat situasi itu dari sudut pandang yang bebeda dan percaya pada sasaran mereka masuk akal dan dapat dicapai.


Keyakinan atas kemempuan mereka untuk berhasil. Wirausahawan umumnya memiliki banyak keyakinan atas kemampuan untuk berhasil. Mereka cenderung optimis terhadap peluang keberhasilan dan optimisme mereka biasanya berdasarkan kenyataan.
 
Hasrat untuk mendapatkan umpan balik langsung. Wirausahawan ingin mengetahui sebaik apa mereka bekerja dan terus menerus mencari pengukuhan. Tricia Fox, Pendiri Fox Day Schools, Inc, menyatakan, “saya senang menjadi seorang yang bebas dan berhasil. Tidak ada umpan balik yang sebaik bisnis milik anda sendiri”.


Tingkat energi yang tinggi. Wirausahawan lebih energitik, dibandingkan orang kebanyakan. Energi ini merupakan faktor penentu mengingat luar biasanya bisnis yang diperlukan untuk medirikan suatu perusahaan. Kerja keras dalam waktu yang lama merupakan sesuatu yang biasa.
 
Orientasi ke depan. Wirausahawan memiliki indra yang kuat dalam mencari peluang, mereka melihat ke depan dan tidak begitu mempersoalkan apa yang telah dikerjakan kemarin, melainkan lebih mempersoalkan apa yang akan dikerjakan besok, bila manajer tradisional memperhatikan pengelolaan sumber daya yang ada, wirausahawan lebih tertarik mencari dan memanfaatkan peluang.
 
 
Keterampilan mengorganisasi. Membangun sebuah perusahaan dari nol dapat dibayangkan seperti menghubungkan potongan-potongan sebuah gambar besar. Para wirausahawan mengetahui cara mengumpulkan orang-orang yang tepat untuk menyelesaian suatu tugas. Penggabungan orang dan pekerjaan secara efektif memungkinkan para wirausahawan untuk mengubah pandangan ke depan menjadi kenyataan.

Recommended For You

About the Author: Aksi ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.