Perbedaan Antara Keuangan dan Ekonomi

Perbedaan Antara Keuangan dan Ekonomi : Meskipun mereka sering diajarkan dan disajikan sebagai disiplin ilmu yang sangat terpisah, ekonomi dan keuangan saling terkait, terinformasi dan saling mempengaruhi. Investor peduli pada studi ini karena mereka juga mempengaruhi pasar untuk skala besar. Di sini kita lihat keuangan dan ekonomi, apa yang bisa investor ajarkan dan bagaimana mereka berbeda. (Untuk melatar belakangi membacanya, lihat Apakah Keuangan suatu seni atau ilmu?)



Perbedaan Antara Keuangan dan Ekonomi


EKONOMI, Apa itu?

Tanpa jatuh kembali pada definisi akademik yang dangkal, ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari produksi, konsumsi dan distribusi barang dan jasa, dengan tujuan menjelaskan bagaimana ekonomi bekerja dan bagaimana agen mereka berinteraksi. Meskipun dicap sebagai “ilmu sosial” dan sering diperlakukan sebagai salah satu seni liberal, ilmu ekonomi modern sebenarnya sangat kuantitatif dan berorientasi pada matematika yang berat dalam praktek.

Bagaimana ekonomi berguna?

Ketika ekonom berhasil dalam tujuan mereka untuk memahami bagaimana konsumen dan produsen bereaksi terhadap perubahan kondisi, ekonomi dapat memberikan bimbingan yang kuat dan berpengaruh terhadap pembuatan kebijakan di tingkat nasional. Kata berbeda, ada konsekuensi yang sangat nyata bagaimana pendekatan perpajakan suatu negara, regulasi, dan belanja pemerintah; ekonomi dapat menawarkan nasihat dan analisis mengenai keputusan ini.

Ekonomi juga dapat membantu investor memahami konsekuensi potensial dari kebijakan dan kegiatan untuk kondisi bisnis nasional. Memahami ekonomi juga dapat memberikan investor alat untuk memprediksi kondisi ekonomi makro dan memahami implikasi dari prediksi mereka pada perusahaan, saham, pasar dan sebagainya. Proyek tertentu dari kebijakan pemerintah akan mencadangkan inflasi atau pertumbuhan di negara dapat membantu investor dalam memposisikan saham dan obligasi secara tepat.

Ekonomi sebagai karier

Bagi mereka yang memilih untuk mengejar ekonomi sebagai karier, akademisi adalah pilihan yang jelas. Akademisi tidak hanya menghabiskan waktu mereka mencoba untuk mengajar siswa prinsip-prinsip ekonomi, tetapi juga melakukan penelitian lapangan dan merumuskan teori-teori baru dan penjelasan tentang bagaimana pasar bekerja dan bagaimana agen mereka berinteraksi.
Ada juga menyerukan ekonom di dunia usaha. Berikut keprihatinan ekonom yang lebih cepat dan jangka pendek. Ekonom bekerja untuk bank-bank besar investasi, konsultan, dan perusahaan lainnya sering fokus pada pertumbuhan peramalan (PDB, misalnya), suku bunga, inflasi, dan sebagainya. Proyeksi ini dapat mewakili produk mereka sendiri (yang dapat dipasarkan kepada klien) atau masukan bagi manajer dan pengambil keputusan lainnya dalam perusahaan. (Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi penting oleh para ekonom, lihat Bagaimana Pengaruh Ekonom Mengubah Sejarah Kita.)

Ekonomi di pasar

Investor memiliki sejarah yang tidak menentu dengan ekonom, mendengarkan dengan hati-hati tapi mengabaikan mereka pada orang lain. Sementara beberapa investor mungkin mengabaikan kekhawatiran ekonom dan menumpuk investasi mereka ke sektor booming terbaru, orang lain dengan hati-hati akan melacak data GDP, inflasi dan defisit untuk menginformasikan keputusan investasi mereka. Hal ini juga penting yang mempertimbangkan pasar; investor obligasi biasanya cenderung lebih memperhatikan data ekonomi dari banyak investor ekuitas lakukan. (Temukan teori-teori yang membentuk cara kami datang untuk memahami ekonomi. Lihat Sejarah Pemikiran Ekonomi.)

KEUANGAN, Apa itu?

Keuangan dalam banyak hal merupakan cabang atau hasil dari ekonomi, dan banyak prestasi penting di bidang keuangan (setidaknya dalam akademisi) dibuat oleh individu dengan latar belakang ekonomi dan / atau posisi sebagai profesor ekonomi. Keuangan umumnya berfokus pada studi tentang harga, suku bunga, arus uang dan pasar keuangan. Berpikir lebih luas, keuangan tampaknya paling peduli dengan gagasan seperti nilai waktu dari uang, tingkat pengembalian, biaya modal, struktur keuangan yang optimal dan kuantifikasi risiko.

Bagaimana keuangan berguna?

Sementara ekonomi menawarkan penjelasan tentang harga wajar dari persimpangan pasokan, permintaan, biaya marjinal dan utilitas marjinal, yang tidak selalu sangat berguna dalam praktek yang sebenarnya. Orang menginginkan angka, dan banyak miliaran dolar dipertaruhkan dalam harga yang tepat dari pinjaman, deposito, anuitas, kebijakan asuransi dan sebagainya. Itu adalah di mana keuangan datang ke dalam permainan – dalam membangun pemahaman teoritis dan model aktual yang memungkinkan untuk harga risiko dan penilaian arus kas masa depan
Keuangan juga menginformasikan manajer bisnis dan investor tentang bagaimana untuk mengevaluasi proposal bisnis dan paling efisien mengalokasikan modal. Pada dasarnya, ekonomi berpendapat bahwa modal harus selalu diinvestasikan dengan cara yang akan menghasilkan yang terbaik pulang risiko disesuaikan; keuangan sebenarnya angka proses yang keluar.

Keuangan sebagai karier

Dalam beberapa hal, gelar atau latar belakang akademis di bidang keuangan membuka pintu lebih jelas dari latar belakang yang sama di bidang ekonomi. Sebuah gelar di bidang keuangan adalah denominator umum di antara banyak dari mereka yang mengisi Wall Street, menjadi analis mereka, bankir atau fund manager. Demikian juga, banyak dari mereka yang bekerja untuk bank-bank komersial, perusahaan asuransi dan penyedia jasa keuangan lainnya memiliki latar belakang perguruan tinggi di bidang keuangan. Terlepas dari industri keuangan itu sendiri, gelar di bidang keuangan dapat menjadi jalur ke dan melalui manajemen senior perusahaan dan perusahaan.

Di pasar

Sebagai pelaku keuangan mencoba untuk menyibukkan dirinya dengan menilai nilai instrumen keuangan, tidak mengherankan bahwa salah satu aplikasi yang paling umum keuangan di pasar adalah dalam penentuan nilai wajar untuk berbagai macam produk investasi. Model saham-harga seperti capital asset pricing model, model pilihan seperti Black-Scholes, dan konsep ikatan seperti durasi semua produk sampingan dari keuangan yang diterapkan dalam konteks investasi.

Keuangan juga menawarkan teori-teori baru tentang cara “yang benar” untuk melakukan sesuatu, apakah itu optimalisasi deviden atau kebijakan utang untuk sebuah perusahaan atau strategi alokasi aset yang tepat untuk investor.
Hal ini juga dapat dikatakan bahwa keuangan mempengaruhi pasar dengan produk baru yang konstan. Meskipun banyak derivatif dan produk keuangan canggih telah difitnah dalam membangun resesi besar, kenyataannya tetap bahwa banyak dari instrumen ini dirancang untuk mengatasi dan memecahkan tuntutan pasar dan kebutuhan.

Garis bawah

Hal ini penting bagi investor untuk menghindari “baik / atau” argumen mengenai ekonomi dan keuangan; keduanya penting, dan keduanya memiliki kegunaan dan aplikasi yang valid. Dalam banyak hal, ekonomi adalah “gambaran besar” (bagaimana sebuah negara / wilayah / pasar) dan keprihatinan tentang kebijakan publik, sementara keuangan lebih perusahaan / industri-spesifik dan khawatir tentang bagaimana perusahaan dan investor mengevaluasi dan risiko harga dan pengembalian. Secara historis, ekonomi telah lebih teoritis dan keuangan lebih praktis, namun ini telah berubah dalam 20 tahun terakhir.
Sangat menarik untuk dicatat, meskipun, bahwa dua disiplin tampaknya akan konvergen dalam beberapa hal. Tampaknya akademisi di bidang keuangan berusaha untuk memasukkan lebih banyak teori ke dalam pekerjaan mereka dan tampil lebih akademis. Pada saat yang sama, ada setidaknya gerakan dalam beberapa sekolah ekonomi untuk bersandar lebih berat pada matematika praktis dan dapat diterapkan untuk bisnis dan kebijakan proses pengambilan keputusan sehari-hari. (Alat pengambilan keputusan ini mengintegrasikan ide bahwa setiap keputusan memiliki dampak pada risiko secara keseluruhan Lihat Model multivariat:.. The Monte Carlo Analysis)

Pada beberapa tingkat dasar, akan selalu ada perpisahan, tapi keduanya akan tetap sangat penting bagi perekonomian dan pasar keuangan untuk beberapa waktu ke depan.

Oleh: Stephen D. Simpson, CFA

Diterjemahkan bebas dari Investopedia

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.