Perbedaan Tugas CMO (Credit Marketing Officer), SO (Sales Officer) dan Surveyor Leasing

Perbedaan Tugas CMO (Credit Marketing Officer), SO (Sales Officer) dan Surveyor Leasing. Sebelumnya admin hanya membahas tentang Tugas dan Tanggung Jawab CMO (Credit Marketing Officer) Leasing/ Finance/ Pembiayaan, maka sekarang akan dibahas tentang perbedaan tugas, cara kerja atau sistem kerja masing-masing dari CMO (Credit Marketing Officer), Sales Officer, dan Surveyor Leasing/ Finance/ Pembiayaan.

Hampir semua bank, saat ini membuka perusahaan leasing/ finance/ pembiayaan sebagai anak perusahaannya. Mengingat peluang untuk pembiayaan pada sektor otomotif sangatlah besar, ini ditandai juga dengan menjamurnya perusahaan-perusahaan otomotif diikuti juga oleh menjamurnya perusahaan-perusahaan pembiayaan/ leasing/ finance.

Ada satu bagian divisi yang sangat seksi keberadaannya, disamping, posisi kolektor. Mengapa? Karena kedua divisi ini saling berkaitan dan koordinasi di lapangan antar kedua divisi sangatlah diperlukan. Divisi tersebut adalah marketing.

Posisi marketing, di perusahaan leasing sangatlah beragam, maksudnya adalah posisi ini sangat fleksibel mengikuti peraturan internal perusahaan. Ada yang menyebutnya dengan Credit Marketing Officer (CMO), ada yang menyebutnya dengan Sales Officer (SO), ada juga yang menyebutnya dengan Surveyor.

Selain gaji, marketing juga mendapatkan insentif dari order atau penjualan. Tetap insentif berbanding lurus dengan banyaknya jualan dan minimnya tunggakan. Semakin banyak jualan dan semakin kecil tunggakan maka insentif CMO/SO/Surveyor juga semakin besar bahkan bisa berlipat-lipat dari gaji pokok.

Seperti yang dikemukakan di atas, posisi marketing di perusahaan leasing ada tiga macam yakni CMO, SO dan Surveyor.

Apakah ketiganya berbeda? Tentu saja ada yang berbeda dan ada pula persamaannya. Perbedaan dan persamaannya teletak pada tugas dan tanggung jawabnya sehingga cara kerjanya juga berbeda. Berikut keterangan dari SO, Surveyor dan CMO:

Sales Officer (SO)

Perusahaan pembiayaan yang biasa menyebut bagian marketingnya dengan Sales Officer (SO) adalah TAF (Toyota Astra Financial Service), ACC (Astra Credit Companies), MTF (Mandiri Tunas Finance) dan lainnya. Sales Officer bertugas untuk mencari order, order ini diperoleh dari sales-sales mobil/motor baru atau juga order dari dealer-dealer mobil/motor bekas.

Setelah order diperoleh dan berkas dikumpulkan, maka order tersebut diserahkan kepada surveyor untuk melakukan survey atas order yang masuk.

Tetapi di Mandiri Tugas Finance, SO memiliki tugas yang sama dengan CMO, hanya penyebutan saja yang berbeda. untuk kelengkapan tugasnya bisa dibaca di bagian CMO.

Surveyor

Tugas dari surveyor adalah melakukan survey dari order yang masuk oleh SO. Setelah berkas diterima, surveyor mengecek apakah konsumen ini baik atau buruk berdasarkan BI Checking, API Checking, dan Internal Checking apakah konsumen ini konsumen lama atau konsumen baru.

Ketika dirasa tidak ada masalah maka selanjutnya, surveyor berangkat survey untuk memastikan alamat rumah, alamat kerja, alamat usaha, suami/istri, kerabat, tetangga, karakter dan melengkapi berkas-berkas yang kurang.

Intinya pada saat survey dilakukan adalah untuk memastikan kelayakan dari konsumen yang ingin mengajukan kredit/pembiayaan kendaraan bermotor. Layak atau tidaknya ada pada keputusan awal surveyor sebelum naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Credit Marketing Officer (CMO)

Bisa dikatakan CMO adalah gabungan dari surveyor dan sales officer (SO), sebagian besar menggunakan istilah ini untuk divisi marketingnya seperti Adira Finance, MPM Finance, SMS Finance dan lainnya.

Selain kedua tugas diatas ada tugas lain yakni menjaga angsuran prematur (1-12) bulan untuk tidak menunggak.

Penggabungan kedua tugas dari sales officer dan surveyor menjadi CMO dirasa lebih efektif dan efisien. Dan juga koordinasi menjadi lebih mudah. Tetapi juga bisa jadi ada keterbatasan-keterbatasan tertentu jika kedua pekerjaan itu menjadi satu. Misalnya, di satu sisi harus survey tetapi disisi lain harus mencari order dan juga harus menjaga angsuran agar stabil.

Kompleksitas dari beragam pekerjaan ini yang menyebabkan CMO harus terlatih dalam mengendalikan dirinya, agar tetap bisa langgeng di lingkungan yang penuh tekanan tersebut.

CMO harus pandai mengatur waktu dan dinamis dalam menjaga hubungan baik dengan siapa saja. Sebab CMO adalah marketing perusahaan dan menjadi cermin dari perusahaan yang ia emban.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Tugas CMO (Credit Marketing Officer), SO (Sales Officer) dan Surveyor Leasing. Saya telah menuliskan edisi lengkap tentang CMO, SO dan Surveyor Leasing disini:

  1. Menjadi CMO (Credit Marketing Officer) di Leasing
  2. Tanggung Jawab dan Tugas CMO (Credit Marketing Officer) Leasing atau Finance
  3. Perbedaan Tugas CMO (Credit Marketing Officer), SO (Sales Officer), dan Surveyor Leasing
  4. Cara Kerja CMO (Credit Marketing Officer) atau Surveyor Leasing
  5. Tips Menjadi Surveyor Leasing, CMO atau Sales Officer
  6. Teknik CMO Finance atau Leasing Agar Order Terus Mengalir
  7. Sikap Penting CMO Leasing Dalam Mencari Order
  8. Trik Jitu Mengolah Leaseback Kendaraan Bermotor

Mudah-mudahan apa yang telah saya jabarkan di atas dan artikel-artikel lainnya dapat membantu teman-teman yang baru berkecimpung di dunia pembiayaan/leasing.

Recommended For You

About the Author: Aksi ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.