Solusi Bahan Bakar Pertamina Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Solusi BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Minyak dan Gas menjadi fenomena bagi masyarakat modern. Dengan minyak dan gas, orang-orang dari beragam bangsa berlomba-lomba untuk menguasainya. Sehingga ada adagium yang mengatakan “Siapa yang menguasai minyak dia menguasai dunia.
 
Persoalan minyak menjadi dasar bagi negara dunia ketiga pada era modern saat ini untuk didekati oleh negar-negara maju demi eksplorasi minyak pada negara-negara berkembang. Persoalan minyak menjadi masalah bersama bagi segenap bangsa Indonesia. Si emas hitam bisa menjadi berkah dan bisa juga menjadi bencana. Menjadi bencana ketika kita tidak mampu mengelolanya menjadi kemanfaatan bagi semua orang.
 
Minyak dan gas merupakan berkah yang diberikan oleh Tuhan, maka sudah sepatutnya kita mengelola berkah tersebut menjadi sesuatu yang berguna bagi manusia. Minyak dan gas memiliki kemanfaatan yang luas, ia merangsek menjadi kebutuhan dan tidak hanya terbatas pada keinginan semata, tetapi juga telah menjadi gaya hidup. Misalnya, siapa yang menggunakan Pertamax, mungkin saja memiliki gaya hidup berbeda bila dibandingan dengan masyarakat umum yang menggunakan Premium.  
 
Dengan potensi tersebut, Bangsa Indonesia yang kaya akan potensi alam berupa energi minyak, gas, energi baru dan terbarukan, ikut andil dalam pelestarian lingkungan. Peran serta Bangsa Indonesia pada industri perminyakan serta merta tidak bisa hanya mengeksplorasi tetapi juga menjaga lingkungan hijau untuk masa depan dan kelangsungan anak cucu.
 

Industri Minyak Indonesia


Industri minyak Indonesia mengalami pasang surut. Indonesia tercatat  sebagai negara yang pernah masuk kedalam daftar negara anggota OPEC. OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) adalah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi yang memiliki tujuan untuk menyatukan kebijakan perminyakan dan koordinasi antar negara-negara anggotanya. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilisasi pasar minyak bumi dunia.
 
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Sumber: Lembaga Manajemen FEUI
 
 
Indonesia menjadi anggota OPEC lebih dari 40 tahun yakni dari tahun 1962-2009. Pada tahun 2009 Indonesia memutuskan untuk keluar dari keanggotaan OPEC mengingat Indonesia telah berubah menjadi negara yang mengimpor minyak. Selain Indonesia, anggota OPEC lainnya yang telah keluar adalah Gabon yang menjadi anggota dari tahun 1975-1994 dengan alasan keluar adalah Biaya Kontribusi OPEC.
 
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Sumber: Lembaga Manajemen FEUI
 
Menurut “Analisis Industri Minyak dan Gas di Indonesia” oleh Lembaga Manajemen FE UI bahwa potensi sumber daya minyak dan gas bumi Indonesia masih cukup besar untuk dikembangkan terutama di daerah-daerah terpencil, laut dalam, sumur-sumur tua dan kawasan Indonesia Timur yang relatif belum di eksplorasi secara intensif. Sumber-sumber minyak dan gas bumi dengan tingkat kesulitan eksplorasi terendah praktis kini telah habis di eksplorasi dan menyisakan tingkat kesulitan yang tinggi. Sangat jelas bahwa mengelola ladang minyak sendiri menjanjikan keuntunganyang luar biasa signifikan. Akan tetapi untuk dapat mengetahui potensi tersebut diperlukan teknologi yang mahal, modal yang besar, faktor waktu yang memadai dan memerlukan efisiensi yang maksimal serta expertise dari sumberdaya manusia terbaik.
 

Peran Pertamina

 
Pertamina memainkan peran penting pada industri perminyakan dalam negeri. Sebagai perusahaan milik negara, Pertamina bergerak pada bidang energi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Didirikan pada 10 Desember 1957, Pertamina telah berkiprah selama hampir 59 tahun. Setengah abad lebih Pertamina berkecimpung pada bisnis sektor hulu dan hilir migas. Dengan visi “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia”.
 
 
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
 
Dengan pengalaman tersebut, Pertamina menjadi lokomotif dalam perekonomian bangsa. Industri hulu dan hilir Pertamina memberikan konstribusi penting dalam menunjang dan mendorong kesejahteraan rakyat Indonesia melalui produk yang bermanfaat dan menyentuh kebutuhan pokok manusia pada sektor primer dan tersier.
 

Produk-produk pertamina

 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa industri minyak dan gas yang dijalankan oleh Pertamina telah menjangkau sektor hulu dan hilir. Masing-masing memiliki produk pada sektor hulu dan hilir adalah sebagai berikut:
 

Sektor Hulu:

 
Pada sektor hulu, Pertamina melalui Kegiatan Direktorat Hulu Pertamina mencakup bidang-bidang eksplorasi, produksi serta transmisi minyak dan gas yang tidak hanya pada skala domestik tetapi juga telah mencapai skala internasional. Selain pada bidang yang telah disebutkan sebelumnya, Pertamina juga melaksanakan pengusahaan energi Coal Bed Methane (CBM) dan panas bumi.
 
Upaya Pertamina tersebut adalah langkah untuk menjaga stabilitas dalam negeri. Tingginya permintaan minyak dan gas didalam negeri mengharuskan Indonesia untuk mandiri dalam energi. Selain mandiri dalam energi, upaya lain ditempuh dengan mengembangkan energi baru dan terbarukan.
 

Sektor Hilir:

 
Pada sektor hilir, banyak produk Pertamina yang telah kita nikmati pada kehidupan sehari-hari. Produk-produk Pertamina pada sektor hilir memiliki keragaman sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jangkauan produk tersebut telah mencapai pada wilayah terpencil dan dapat kita nikmati dimanapun juga. Berikut, beberapa produk Pertamina pada usaha di sektor hilir:
 

Bahan Bakar Minyak (BBM)

Minyak Bensin
Minyak Tanah
Minyak Solar
Minyak Diesel
Minyak Bakar
 

Bahan Bakar Khusus (BBK)

Aviation Gasoline (BBM Pesawat Udara)
Aviation Turbine Fuel (BBM Pesawat Udara Berturbin)
Bio Pertamax
Bio Solar
Pertamax
Pertamax Plus
Pertamina Dex
Pertamax Racing
Premium
Bahan Bakar Subisdi
Biosolar
Premium
 

Non BBM

Aspal
Pelumas (Lube Base Oil)
Pelarut (Solvent)
 

Gas

Fuel Gas
Liquid Petroleum Gas (LPG)
Musicool
 
Selain produk-produk diatas produk lainnya pada bidang Petrokimia yang terdiri dari Asam Tereftalat Murnis, Benzene, Paraxylene, Polytam, Proylene. Selain pada bidang Petrokimia Pertaminya juga memproduksi Pelumas yang dibagi sesuai dengan fungsi pada masing-masing mesin kendaraan dan mesin-mesin yang terkait dengan penggunaan pelumas.
 

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

 
Produk yang dikeluarkan oleh Pertamina ditujukan pada pengembangan energi terbarukan untuk genarasi masa depan. Dengan mengeluarkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan, Pertamina telah melakukan langkah pengembangan penguasaan pasar Gas, Power, dan NRE. Energi panas bumi sebagai salah satu energi yang ramah lingkungan memiliki prospek yang luas bagi Indonesia, dengan diperkirakan memiliki cadangan yang mencapai 40% cadangan di dunia. Pertamina telah mengeluarkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan. Pada sektor hilir misalnya, Pertamina telah mengeluarkan Produk berupa Pertilite dan Bright Gas.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.