Terus Mengasah dan Uji Coba Blog (Trial and Error)


Salah satu langkah jenius dalam mengembangkan potensi blog untuk generasi muda adalah dengan terus melakukan uji coba (trial and error) baik untuk mendapatkan trafik yang banyak, SEO, tampilan blog serta konten blog.

Terus Mengasah dan Uji Coba Blog (Trial and Error)

Mengelola blog sama seperti mengelola perusahaan, dimanapun tempat kita berdiri disitulah ada persaingan, disitu ada kompetisi, disitu ada yang menjadi juara dan ada yang menjadi pecundang. Sebagai manusia, kita telah lahir sebagai pemenang dan semangat kompetisi itu selalu melekat di dalam diri manusia. Dan yang pasti potensi itu tak akan tumbuh dan berkembang tanpa dikelola dengan baik, tanpa di manage dengan baik.
Manajerial dalam blogging adalah menentukan target. Kita butuh target dan pencapaian-pencapaian, ketika stagnan itu berarti terjadi kemunduran pada proses yang kita lakukan. Potensi blog untuk generasi muda tak akan pernah tumbuh jika terjadi stag dan tidak adanya target didalamnya.
Target yang dibuat adalah dengan menentukan seberapa banyak pengunjung yang ingin kita dapat, bagaimana tampilan blog yang bisa memberikan pengunjung untuk selalu puas dalam berkunjung, bagaimana perilaku pengunjung terhadap blog dan bagaimana kita memberikan konten yang bermanfaat bagi siapapun pengunjung yang telah rela hadir untuk blog yang kita pasang.
Tanpa target yang jelas kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Potensi blog untuk generasi muda akan mundur dan pudar dimakan zaman. Ia tergerus dan habis ketika kita tidak bisa merencanakan target yang semestinya kita lakukan. Untuk membangun target tersebut kita bisa membuat daftar target baik untuk harian, mingguan, bulanan, tahunan, lima tahun dan sepuluh tahun kedepan apabila perlu.
Dengan perencanan target beserta program yang kita buat maka kita tidak menyimpang dari potensi tersebut. Sebagai bagian dari generasi muda kita dituntut untuk menjadi dan memberikan program untuk mengembangkan sebuah kualitas baik untuk diri kita sendiri sebagai generasi muda. Sebagai generasi muda tentunya banyak harapan dan waktu yang masih dapat kita kembangkan. Masih banyak waktu dan ilmu yang bisa kita peroleh untuk mengembangkan sebuah blog.
Artinya tidak ada kata terlambat, apalagi untuk sesuatu yang berguna seperti proses blogging. Yang pastinya ngeblog dengan jalur yang positif dan bukan jalur yang nyeleneh dan menyimpang dari aturan-aturan yang ada.
Untuk mengasah kemampuan ngeblog melalui uji coba ini adalah dengan menguji setiap proses yang kita lakukan, ada proses evaluasi dan proyeksi dari setiap uji coba yang kita lakukan sehingga kita menemukan format terbaik dan menentukan masa depan blog kita. Tapi seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman maka setiap perkembangan teknologi juga mengikutinya. Sehingga perubahan-perubahan yang terjadi pada dunia teknologi dan informasi dapat kita imbangi dan kita tidak semakin tertinggal dengan kemajuan teknlogi yang ada.
Langkah yang paling jitu adalam menguji coba blog adalah dengan mengikuti kompetisi yang sering dilakukan. Seperti kompetisi yang dilakukan oleh Forum IAPD ini maka kita dapat menilai, kita dapat mengevaluasi dan proyeksi setiap proses dan kejadian dari tanggal 2-6 Mei 2016 ini. Banyak yang bisa kita lihat dan kembangkan, dengan menerapkan apa-apa yang sudah kita pelajari.
Dengan mengikuti kompetisi kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita pada saat ngeblog. Yakinlah, tak ada yang sia-sia ketika kita menjalaninya dengan sepenuh hati. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa setiap tahap ini adalah tantangan dan dari tantangan ini kita mewajibkan diri untuk ikut berkompetisi. Ketika kewajiban itu kita jalankan maka hak-hak dengan kewajiban yang telah kita jalankan akan memberikan dampak yang luas dari proses uji coba melalui kompetisi tersebut. Mungkin semacam Rekonstruksi Budaya Belajar dari learning by doing.
Tanpa kompetisi, kita tidak akan bisa mengukur sejauh mana blog kita bisa bersaing dengan blog-blog yang lebih dulu telah eksis dan mapan di panggung SEO. Dengan semangat potensi blog untuk generasi muda saya mengumandangkan bahwa kita adalah pemenang. Inilah waktunya kita mengukur sejauhmana usaha yang telah kita lakukan. Inilah waktunya kita melihat sejauhmana tingkatan dari jerih payah kita selama ini dalam membangun blog.
Inilah rumah itu, inilah bangunan itu, inilah yang kita hadapi. Sebenarnya, tanpa kompetisi Potensi Blog Untuk Generasi Muda ini diadakan pun kita telah menjalankan kompetisi. Bagaimana kita berupaya sekeras tenaga untuk melakuakan SEO setiap harinya agar blog yang kita bangun tersebut mampu bersaing di page one, ya tanpa kita sadari kita mengalami hari-hari yang tanpa lelah untuk berkompetisi. Bedanya adalah masalah timing dan keyword yang diberikan. Dan ini saya uji kembali untuk mengikuti kontes SEO dengan tema Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.. sebuah tantangan lagi dari kontes-kontes sebelumnya.
Pada masa hari-hari yang kita lalui dengan ngeblog kita mungkin tidak memperhatikan tema apa yang sedang kita bangun. Artinya secara umum kita bebas dalam menentukan tema yang akan kita buat. Kita bebas dalam menentukan keyword untuk setiap postingan blog yang kita lakukan. Namun, pada saat kompetisi seperti sekarang ini kita mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti aturan yang telah dibuat. Kita harus mengikuti keyword Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang sudah ditentukan oleh penyelenggara. Disitulah letak kenikmatan yang kita peroleh. Ada kepuasan tersendiri ketika kita mengikuti proses kompetisi seperti ini.
Penekanan pada proses uji coba ini adalah dengan memantapkan hati bahwa kitalah juaranya. Titik. Saya menetapkan dalam hati saya bahwa sayalah juara kompetisi Potensi Blog Untuk Generasi Muda ini. Hehe.. saya membayangkan itu semua. Itulah target saya dan saya menjadikan itu motivasi serta uji coba dari blog yang telah lama vakum ini. Blog ini saya buat pada tahun 2009 dan aktif sampai dengan 2010, kemudian fakum selama kurang lebih 5 tahun dan aktif kembali pada akhir tahun 2015 dan awal 2016 mulai gencar-gencarnya saya bangun kembali.
Selama proses tiga bulan ini, siang malam yang ada dalam pikiran saya adalah blog. Dan terkadang susah memisahkan mana waktu-waktu untuk ngeblog dan waktu-waktu kerja saya dikonsultan. Tetapi dengan tekad yang bulat saya telah memantapkan bahwa blog adalah kehidupan saya, bahwa blog adalah passion saya, bahwa blog adalah hobi saya, dan blog adalah pendapatan saya.

Dengan tekad bulat seperti itu saya ingin membesarkan blog guntursubing.com ini. Itulah cita-cita saya. Itulah target jangka pendek yang telah saya buat. Dan tentunya, target jangka panjang adalah blog ini menjadi besar dan bisa menyamai atau melebihi mereka-mereka yang telah saya sebutkan diatas.
Bukan ambisi yang membabi buta, tetapi target yang telah terstruktur dan uji coba yang sangat menarik tentunya. Saya sangat bersyukur ketika menjadi anggota dari forum IAPD ini, karena dengan forum tersebut menyelenggaran kompetisi saya bisa banyak belajar. Dan yang tampil-tampil ini pun sebagian adalah guru-guru saya di blog. Tapa mereka sadari dan tanpa mereka mengangkat saya sebagai murid.. hehe..
Mengapa demikian? Karena selama ini saya mengunjungi blog mereka, saya mempelajari struktur-struktur besarta isinya, walaupun saya jarang sekali berkomentar tetapi banyak juga manfaat yang bisa saya petik dari isi-isi blog terutama tentang tutorial blog, google adsense, SEO dan sebagainya.
Dari blog-blog para master-master inilah saya belajar, dan pada saat seperti ini, uji coba itu dilakukan, mengukur kemampuan itu yang dilakukan. Pada dasarnya blog saya adalah berisi banyak tentang opini-opini ekonomi sosial dan politik. Isi dari blog saya ini campur aduk. Koleksi-koleksi lama tulisan saya pada saat mahasiswa dulu yang di publish di koran-koran lokal itulah yang saya publish dan tentunya update-update terkini tetap saya lakukan. Dan kebetulan sekali dunia kerja saya adalah dunia tulis menulis yakni konsultan penelitan dan pengembangan ekonomi dan kebijakan publik. Tentunya sangat relevan untuk terus saya asah.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.