Tips Lolos Survey Kredit Mobil Motor

Tips Lolos Survey Kredit Mobil Motor

Sebelumnya saya sudah membahas tentang Tips Menghadapi Survey Leasing, Pertanyaan Saat Survey Kredit Mobil atau Motor dan Proses Kredit Motor atau Mobil Setelah Survey. Untuk saat ini saya akan membahas tentang Tips Lolos Survey Kredit Mobil atau Motor.

Saya selalu menggabungkan antara mobil dan motor karena keduanya merupakan bagian dari Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Bicara proses, keduaya memiliki proses pengajuan yang sama, yang berbeda adalah jenis produk, harga, dp dan angsuran.

Lalu bagaimana Tips Lolos Survey Kredit Mobil/Motor? Jika anda menyimak ketiga artikel sebelumnya maka secara gamblang sudah jelas apa yang harus anda persiapkan agar pengajuan anda disetujui.

Tetapi agar tidak bias dan anda mendapatkan jawaban yang pasti maka saya akan menggambarkannya melalui artikel tersendiri tentang Tips Lolos Survey Kredit Motor/Mobil.

Jenis Kendaraan

Pertanyaan pertama adalah apa jenis kendaraan yang anda beli. Ini berkaitan dengan maksud anda mengajukan kredit kendaraan tersebut. Apakah memang anda membutuhkannya atau hanya sebatas keinginan saja. Baik saya akan merincinya di bawah

Motor

Apa jenis motor yang anda beli, apakah jenis motor matic atau manual? Apakah jenis motor yang laki banget, seperti Yamaha Vixion, Honda CBR atau jenis-jenis yang serupa seperti Kawasaki Ninja? Atau motor yang kebanyakan dipakai oleh cewek, seperti Honda Beat atau Yamaha Mio dan lainnya.

motor

Saat ini memang tidak ada bedanya apakah kendaraan itu untuk cewek atau cowok, siapa saja bisa mengendarainya dan tidak ada klasifikasi khusus. Tapi untuk kebanyakan, kita bisa menilai kendaraan yang dipakai oleh cowok atau cewek.

Pihak leasing akan menilai apakah memang anda layak untuk kredit kendaraan ini. Mereka akan menentukan skala prioritas kebutuhan anda. Kendaraan yang akan anda beli ini apakah untuk usaha, maaf misalnya seperti ngegojek/ngegrab, atau untuk kepentingan pribadi. Semua ini akan menentukan apakah anda disetujui atau tidak.

Tips lolos survey kredit motor ini adalah lebih baik anda jelaskan maksud membelinya. Apakah untuk usaha? untuk kebutuhan keluarga? Atau untuk keperluan pribadi anda berangkat kerja. Jelaskan semuanya kepada surveyor.

Jelaskan juga kepemilikan motor anda sebelumnya atau yang ada saat ini, apakah kredit atau tunai. Ini menjadi pertimbangan tambahan pengajuan anda disetujui atau tidaknya.

Horoskop Cina 2023 tahun kelinci ai...
Horoskop Cina 2023 tahun kelinci air hitam id

Mobil

Untuk mobil, tentu lebih ketat jika dibandingkan dengan proses pengajuan kredit motor. Karena pokok hutang yang ditanggung lebih besar bila dibandingkan dengan motor.

Jenis kredit mobil juga memiliki dua macam, yakni mobil pribadi dan mobil komersil. Dari sisi DP, Bunga Pinjaman, rate asuransi, keduanya memiliki tingkatan yang berbeda.

Mobil Pribadi

Mobil pribadi memiliki resiko lebih kecil dibanding mobil komersil. Hal ini berpengaruh terhadap besaran asuransi dan angsuran yang akan anda tanggung.

mobil pribadi

Tips Lolos Survey Kredit Mobil Pribadi:

  1. Penggunaan mobil pribadi bisa diukur dan lebih mudah diajukan oleh para pegawai baik swasta, PNS maupun BUMN/BUMD serta wiraswasta.
  2. Kebutuhan mobil pribadi untuk kebutuhan pribadi dan keluarga bukan untuk usaha.
  3. Bagi guru dan dosen yang tersertifikasi, sangat mudah mengajukan kredit mobil pribadi, karena daya tawar yang tinggi. Selain memiliki gaji yang tetap anda juga memiliki dana sertifikasi yang masuk rekening per tiga bulan. Kemungkinan menunggak kecil, kecuali yang nakal dan memiliki karakter jelek.
  4. Untuk wiraswasta perlu dicatat penggunaan mobil untuk pribadi bukan usaha.

Mobil Komersil

Mobil komersil memiliki resiko yang lebih besar, karena mobilitas yang tinggi. Kondisi mobil juga akan membutuhkan perawatan yang intens karena diporsir untuk kerja.

mobil komersil angkutan

Mobil-mobil yang masuk ke dalam kriteria ini adalah mobil-mobil untuk angkutan umum baik minibus, bus, pick up, truck, dump truck, tronton dan lainnya.

Mereka yang mengajukan jenis mobil ini adalah para pengusaha angkutan baik penumpang maupun barang atau juga mobil-mobil ini digunakan untuk menunjang usaha seperti canvasing barang dan lainnya.

Tips Lolos Survey Mobil Komersil adalah:

  1. Tunjukkan usaha anda berjalan baik, bisa dilihat dari aktifitas maupun dari sisi keuangannya.
  2. Lampirkan data kendaraan anda sebelumnya, proses ini berlaku bagi anda yang ingin memperbarui kendaraan komersil anda. Ini menjadi pertimbangan pihak leasing.
  3. Lampirkan data kendaraan yang anda miliki saat ini. Kendaraan anda saat ini berpengaruh besar terhadap persetujuan. Artinya anda ingin menambah armada. Ini seperti menghitung dua kendaraan membayar angsuran satu kendaraan. Peluang lebih besar disetujui dibandingkan baru saja akan memulai usaha angkutan.

Besarnya Penghasilan

Sangat jelas sekali, besarnya penghasilan anda akan berpengaruh terhadap jenis kendaraan yang anda ajukan kredit. Jika penghasilan kita saat ini hanya cukup untuk membeli motor tentu akan sangat sulit untuk mendapatkan mobil.

penghasilan

Untuk menghitung pendapatan yang layak, anda bisa mengukurnya dari kapasitas anda saat ini. Seperti jumlah angsuran dikali 3, misal angsuran anda adalah 3 juta dikali 3 ditambah biaya hidup dan biaya lain.

Angsuran mobil per bulan Rp 3.000.000 x 3 = Rp. 9.000.000 + biaya hidup dan lainnya sebesar Rp. 5.000.000. Jadi total penghasilan anda setiap bulan sebesar Rp. 14 juta.

Tips Lolos Survey Kerdit Mobil/Motor:

  1. Sesuaikan kapasitas penghasilan anda
  2. Untuk karyawan atau pegawai swasta, PNS, BUMN/BUMD, tunjukkan bukti pendapatan anda seperti rekening gaji anda ditambah gaji suami/istri jika ada. Tambahan pendapatan ini berguna untuk menghitung kapasitas di atas
  3. Untuk wiraswasta, tunjukkan pendapatan anda dengan bukti-bukti transaksi, omzet, Laporan Keuangan, Rekening Bank dan bukti-bukti lainnya.

Lengkapi Persyaratan Administrasi

Kelengkapan persyaraatan administrasi sangat menentukan sekali disetujui atau tidaknya pengajuan anda. Dengan data yang lengkap pegajuan kredit anda akan mudah disetuji.

Lengkapi Persyaratan Administrasi

Tips Lolos survey kredit Mobil/Motor untuk adminsitrasi adalah

  1. Tunjukkan KTP pemohon, KTP suami/istri pemohon, Kartu Keluarga dan lainnya
  2. Tunjukkan Bukti Kepemilikan Rumah (BKR) seperti PBB, rekening listrik dan sertifikat tanah
  3. Lengkapi data keuangan seperti slip gaji, rekening bank, rekening usaha, Laporan Keuangan dan lainnya.

Besaran Angsuran

Besarnya angsuran terkait dengan kapasitas penghasilan anda. Rincian penghasilan dan angsuran sudah saya jelaskan sebelumnya di atas. Anda bisa memperhatikannya kembali.

Besaran Angsuran

Tips Lolos Survey Kredit Mobil/Motor:

  1. Tentukan besaran angsuran sesuai dengan penghasilan anda
  2. Timbang kembali apakah anda sanggup membayar angsuran sebesar yang ditawarkan
  3. Pilih, apakah anda menggunakan ADDM (Angsuran Dibayar di Muka) atau ADDB (Angsura Dibayar di Belakang). Untuk mudah disetuji lebih baik pilih ADDM. ADDM akan berpengaruh terhadap naiknya DP (Down Payment)

Besaran Down Payment (DP)

Besaran DP dan bunga minimal biasanya mengikuti dari kebijakan Bank Indonesia. Misal untuk motor minimal dp 10% dari OTR, mobil pribadi 15-20%, mobil komersil 25-30%. Kebijakan BI ini tergantung dari kondisi ekonomi saat dikeluarkannya peraturan tersebut.

Besaran Down Payment (DP)

DP berpengaruh terhadap angsuran. Semakin besar DP maka semakin kecil angsuran, semakin kecil DP maka angsuran semakin besar.

Tips Lolos Survey Kredit Mobil/Motor bagian ini adalah perbesar DP anda, semakin besar DP semakin mudah diterima.

Jumlah Tenor

Tenor adalah masa/waktu anda mencicil angsuran. Saat ini tenor untuk Kredit Kendaraan Bermotor berkisar 1-5 tahun atau maksimum 60 x angsuran ADDB dan minimal 11 x angsuran ADDM.

Jumlah tenor/waktu cicilan

Semakin lama tenor semakin kecil angsuran, semakin pendek tenor semakin besar angsuran. Anda bisa menyesuaikan tenor dengan penghasilan anda.

Memiliki Riwayat Kredit yang Bersih

Jika anda memiliki riwayat kredit yang bersih, anda bisa melampirkannya. Riwayat/history kredit yang bersih memiliki point plus. Anda bisa meminta print out history payment kepada pihak leasing tentang riwayat pembayaran anda.

Jika belum pernah mengajukan kredit kendaraan bermotor anda bisa melewati tahapan ini.

Karakter Baik

Karakter yang baik juga menjadi pertimbangan. Surveyor akan menilai diri anda memiliki karakter yang baik atau tidak. Mereka akan menelusuri apakah anda memiliki rekam jejak yang jelek atau baik.

Tentu saja, anda sendiri tidak mungkin akan memberikan pinjaman kepada orang yang jelas-jelas memiliki karakter buruk, anda pasti berpikir 10 kali untuk memberikannya. Begitu juga dengan perusahaan leasing, mereka tidak akan mau memberikan kredit kepada orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Untuk memperdalam masalah ini anda bisa membacanya disini: Tips Menghadapi Surveyor Leasing.

Kesimpulan

Membeli motor atau mobil adalah pilihan. Bagi sebagian orang membeli kedua kendaraan tersebut sangatlah gampang, tetapi bagi yang lain bisa sangatlah berat. Untuk itu lebih baik tentukan skala prioritas apakah membeli karena kebutuhan atau keinginan. Pihak leasing tentu saja tidak mempertimbangkannya secara dalam atau menghalang-halangi pembelian kendaraan, mereka hanya ingin memastikan kelayakan. Jika layak, aplikasi disetujui, jika tidak, aplikasi ditolak.

Tips Lolos Survey Kredit Mobil Motor

Poin-poin di atas tidaklah menunjukkan skala priotas atau mana yang lebih penting. Tetapi, untuk lolos survey kredit mobil atau motor, anda bisa mempertimbangkan poin-poin yang ada.

Recommended For You

About the Author: Guntur Subing

Memiliki hobi tulis menulis dan mengelola blog. Moto; "Bersemangat dalam Pengembangan Diri dan Terus Belajar Sampai Akhir Hayat"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.